Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Siaga Kebencanaan, Korps Sukarela PMI Ikuti Pendidikan Dasar di Jollong

Bupati Pati Haryanto hari ini (20/9) membuka Pendidikan Dasar bagi Korps Sukarela (KSR) Unit Markas PMI Kabupaten Pati yang bertempat di Argo Wisata Jollong Pati. Acara ini turut dihadiri oleh Sekda, Ketua TP PKK Kabupaten Pati, Camat Gembong, Kapolsek, Danramil Gembong dan manajer PT Kebun Jollong.

Bupati mengatakan menjadi relawan adalah panggilan hati. Dengan bergabung di Korps Sukarela (KSR) namun tidak aktif, menurut Bupati itu merupakan hal yang sia-sia. Ia memotivasi calon anggota dengan menjadi relawan hanya untuk mencari pahala, karena yang dihadapi orang terkena musibah seperti banjir, kebakaran, puting beliung, dan sejenisnya.

"Oleh karena itu pada sore hari ini paling tidak mengenal dan nanti dididik latihan dasar cara-cara pelatihan dasar menangani bencana alam. Nanti teman-teman KSR dan calon anggota KSR niat kita adalah berbuat sesuatu yang baik minimal kita tidak bisa memberikan sumbangan dalam bentuk material tetapi kita punya tenaga untuk berbuat sesuatu yang baik, kalau pakai dana bisa memberikan shodaqoh atau infaq," jelas Bupati.

Haryanto berharap anggota PMI yang tergabung dalam pelatihan selama tiga hari ini (20-22 September) bisa mengikuti latihan dasar untuk bekal menghadapi persoalan di lapangan mengatasi kebencanaan.

Amran Hirmawan Ketua Pelaksana PMI Pati mengatakan tujuan diadakan acara ini adalah mencari calon KSR serta membangun jiwa peduli kemanusiaan dan tanggap bencana. Pelatihan ini juga sebagai syarat utama yang harus dilalui calon anggota sebelum dinyatakan lulus menjadi anggota korps sukarela PMI Kabupaten Pati.

"Korps sukarela PMI Kabupaten Pati sebagai organisasi kepalang merahan sebagai tenaga sukarela yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, memberikan pengabdian pada masyarakat secara langsung serta menyikapi musim hujan yang sering menjadi bencana bagi daerah-daerah tertentu di Kabupaten Pati," ujar Amran.

Pelatihan ini diikuti oleh 50 calon anggota (18 Perempuan dan 32 Laki-aki), 25 anggota panitia, pembantu umum Seluruh Anggota KSR PMI Kabupaten Pati Jumlah 10 orang. (po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar