Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Safin : Anak SMK Harus Bisa Bangun Jaringan

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) berharap anak SMK di Kabupaten Pati dapat membangun jaringan.

"Mereka harus punya kreativitas untuk membangun jaringan, karena saat ini yang paling berharga yaitu jaringan dan komunikasi. Syukur-syukur kalau punya jaringan di luar negeri bahkan punya jaringan sampai ke Eropa", harap Wabup saat menerima Audiensi dari sejumlah SMK di Kabupaten Pati beserta perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Jateng, di Ruang Joyokusumo Kantor Setda Kabupaten Pati.

Ia pun menyarankan agar pihak sekolah cerdik mengatur strategi dalam menjalin kerja sama dengan dunia industri. Salah satu kiatnya ialah dengan lebih komunikatif dalam menjalin hubungan kerjasama guna meningkatkan kompetensi lulusan.

"Paling bagus menurut saya tidak usah melakukan hal yang aneh-aneh lakukan saja sesuai regulasi yang ada agar bisa membantu anak-anak SMK agar bisa bekerja sesuai dengan jurusan-jurusan yang sudah ada", terang Wabup.

Safin juga menasehatkan agar antar SMK dapat saling memahami. "Jangan ada yang merasa bersaing tetapi saling mengisi. Kuncinya adalah dengan menjaga komunikasi yang baik antar SMK", imbuhnya.

Wabup juga mengatakan SMK  mempunyai keunggulannya masing-masing. Misalnya ada yang unggul di pelayaran, farmasi, pertanian peternakan maupun teknik. "Nah Sesuai masing-masing keunggulan ini perlu direncanakan dan dikembangkan", lanjutnya.

Dan yang paling penting, menurut Wabup, siswa diharapkan jangan hanya sebatas lulus saja. "Misalnya lulusan teknik minimal bisa mendirikan sebuah bengkel. Jadi harus kreatif karena kalau hanya mengandalkan support kita tidak akan bisa mandiri dan sukses", imbuhnya.

Sementara itu, Harto, perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Jateng, mengungkapkan bahwa tujuan audiensi kali ini adalah untuk membangun sinergitas dengan pemerintah daerah.

Nampak ikut pula dalam audiensi tersebut, perwakilan dari SMK 3, SMK Nasional, SMA Kusuma, SMK Pelayaran, SMK Muhammadiyah, SMK Farmasi Ganesha dan SMK Taruna Bangsa.

Masing-masing kepala sekolah atau yang mewakili pun diberikan kesempatan untuk menyampaikan sekilas profil SMK dengan perkembangan terkini, termasuk pula rencana kerja masing-masing sekolah. (fn2 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar