Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Bupati Ajak Jaga Kemabruran Haji

Bupati Pati Haryanto mengajak untuk menjaga kemabruran haji.  Hal itu ia sampaikan saat kemarin menghadiri acara Peringatan Tahun Baru Hijriah 1441 H, Penyambutan Jamaah Haji 2019, dan Pengukuhan Pengurus Majelis Taklim Perempuan (MTP) Se-Eks Kawedanan Pati Masa Bakti 2019-2024 di Gedung Haji Kabupaten Pati.

Pada acara yang diselenggarakan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Pati tersebut, dilaksanakan pula pengukuhan pengurus MTP IPHI masa khidmad 2019 - 2024.

Dalam sambutanya Bupati Pati Haryanto mengatakan bahwa begitu seseorang pulang dari menunaikan ibadah haji di tanah suci, ia harus lebih menjaga perilakunya. Sebab, lanjut Bupati, predikat haji yang disandang seseorang akan membuat dirinya semakin menjadi sorotan.

"Kalau sudah pulang haji, bukan berarti kita sudah segala-galanya. Justru kita malah semakin menjadi sorotan kalau punya predikat haji atau hajjah. Kalau berbuat salah sedikit saja, pasti ada yang komentar, itu haji kok seperti itu?", ujar Haryanto yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Pati.

Menjaga perilaku dan meningkatkan keimanan serta keislaman selepas berhaji, lanjut Bupati, merupakan suatu bentuk upaya menjaga kemabruran haji.

Berkecimpung di organisasi IPHI, menurut Bupati, juga merupakan upaya yang bisa dilakukan alumni jamaah haji untuk menjaga kemabruran hajinya. Sebab, dalam IPHI, seseorang bisa menjaga persaudaraan dengan sesama jamaah haji.

"Apakah tidak boleh di organisasi lain? Tentu saja boleh. Namun, organisasi yang khusus sepulang haji ya IPHI ini. Organisasi ini dapat memudahkan kita untuk bersosialisasi maupun melestarikan kemabruran haji. Karena kita sering berkumpul dan bertemu dengan agenda-agenda yang dilakukan," ujarnya.

Kepada pengurus MTP IPHI yang baru saja dikukuhkan, Haryanto mengucapkan selamat. Ia berharap, kepengurusan yang baru ini bisa mengemban amanah dan tugas-tugas yang diberikan organisasi. Selain itu juga bisa memotivasi IPHI di kecamatan-kecamatan lain yang belum membentuk kepengurusan MTP yang baru.

Pada acara tersebut, Haryanto juga berkesempatan menyerahkan Kartu Haji pada perwakilan jamaah haji 2019. "Masih belum semua (yang mendapat kartu haji). Bertahap. Nanti kita upayakan semua dapat," katanya.

Haryanto memaparkan, manfaat dari Kartu Haji ialah sebagai identitas diri anggota jamaah haji. Selain itu, ada pula keuntungan lain dari kepemilikan kartu haji, yakni bagi jamaah yang akan berangkat umroh dan mempunyai kartu haji, akan mendapatkan diskon dari biro perjalanan yang bekerjasama.

Sementara itu, Ketua Panitia Suwarsih Agung, dalam laporannya mengatakan bahwa terdapat empat Pengurus Cabang MTP IPHI Kabupaten Pati yang dikukuhkan, yakni dari Kecamatan Pati, Margorejo, Gembong, dan Tlogowungu.

Selain kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan sebelumnya, ada pula pemberian santunan kepada 110 anak yatim-piatu, santunan kepada anak asuh, pemberian bantuan kepada 6 panti asuhan, dan santunan pada anggota jamaah yang sedang sakit. (fn2 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar