Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Jadi Irup HKN, Bupati Bacakan Amanat Menkes

Menjadi Irup dalam Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di halaman Setda Kabupaten Pati, hari ini, Bupati Pati Haryanto membacakan amanat dari Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto.

"Menegaskan arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu “Stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional.” Sementara ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri", ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian untuk dapat segera diupayakan solusinya.

"Berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet lalu yang ditandai dengan adanya peningkatan “Indeks Pembangunan Manusia” Indonesia setiap tahun, dimana salah satu parameter yang diukur adalah “Usia Harapan Hidup”, imbuh Bupati.

Isu-isu strategis, lanjut Bupati, telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB.

"Dalam perspektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan, yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan", tegasnya.

Tak hanya itu, lanjut Bupati, optimalisasi inovasi layanan kesehatan dimaksudkan untuk mengefisiensikan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyediaan obat serta alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu.

"Sementara harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan terkait konektivitas antar kementerian dan lembaga, lintas sektor maupun unit-unit kerja lintas program terkait lebih ditingkatkan, agar tidak terjadi tumpang tindih, sehingga fokus pada pemecahan masalah kesehatan", jelasnya.

Usai pelaksanaan upacara tersebut, kemudian dilaksanakan penyerahan penghargaan lomba - lomba yang telah terselenggara dalam rangkaian HKN 2019. (fn1/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar