Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Cuci Tangan Jadi Awal Sukseskan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Bupati Pati Haryanto hadiri gerakan cuci tangan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati di Halaman Stadion Joyo Kusumo, Kamis (28/11).

Bupati menyebut, gerakan cuci tangan serentak bukanlah hal yang baru. Namun, salah satu upaya mengkampanyekan program Germas (gerakan masyarakat sehat) ini ada sejak di tahun 2014. "Ini sudah sering kita sosialisasikan ke bawah, mulai dari anak - anak hingga masyarakat umum," ujarnya saat diwawancarai.

Bagi Haryanto, kegiatan semacam ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yang mana dalam PHBS tersebut, diawali dengan gerakan cuci tangan dengan sabun. "Ini penting, sebab tangan ini bisa sebagai sumber penularan penyakit mulai dari diari, influenza, TB dan seterusnya dengan berjabat tangan maupun memegang benda apapun", tegasnya.

Bupati meyakini, apabila PHBS ini dapat diterapkan dengan baik, maka segala permasalahan kesehatan dapat berkurang. Mulai dari turunnya angka stunting yang saat ini menjadi fokus pemerintah, deklarasi bebas dari open defecation free (ODF) / Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dapat 100% terpenuhi. "Apabila hal tersebut dijalankan, maka angka harapan hidup pun meningkat", imbuhnya.

Hal itu juga berdasarkan informasi bahwa angka harapan hidup masyarakat Kabupaten Pati rata - rata di usia 67 tahun. Sedangkan saat ini meningkat hingga 74 tahun. Ini dapat terjadi, sebab menurut Bupati, pihaknya dan masyarakat telah berusaha menerapkan PHBS.

Terkait BABS, bupati menyebut bahwa di Kabupaten Pati, capaian dalam mengantisipasi hal tersebut sebesar 90 an %. Hanya tinggal beberapa lokasi saja yang harus dituntaskan. "Apabila semua desa sudah tuntas, nanti kita deklarasi se - Kabupaten Pati", ucapnya.

Bupati menegaskan bahwa memang ada sejumlah lokasi yang belum tuntas lantaran kondisi letak geografisnya. Yaitu berada di pinggiran dan dekat dengan sungai - sungai. (po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar