Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Masih Dipandang Sebelah Mata, Safin Ungkapkan Peran Karang Taruna di Masyarakat

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin yang juga merupakan Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Pati menyayangkan jika masih ada pihak-pihak yang memandang organisasi karang taruna dengan sebelah mata.

Menurutnya masih ada beberapa pihak yang menganggap karang taruna sebagai lembaga yang kerjanya hanya meminta-minta. Ia menegaskan, Karang Taruna memberi kemanfaatan untuk desa juga sosial, bukan untuk kepentingan pribadi.

Hal tersebut diutarakan Safin dalam Rapat Kerja Karang Taruna tingkat Kabupaten di Ruang Pragolo Setda Pati, Sabtu (7/12).

Safin pun menegaskan, karang taruna berbeda dari LSM "abal-abal" yang bersikap kritis di depan, tapi di belakangnya ada kepentingan yang kurang baik.

“Justru anggota karang taruna mau memberikan tenaga, pikiran, bahkan kadang uangnya pribadi demi kepentingan sosial," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Safin selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati mengungkapkan harapannya agar Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati lebih perhatian kepada karang taruna.

Hal tersebut diutarakan sebab karang taruna memiliki tujuan mulia, yakni memberi kemanfaatan sosial bagi desa-desa, terutama desa-desa yang belum sejahtera, dimana berhubungan dengan Dinsos. Karena itu, ia berharap Dinsos bisa memfasilitasi dan memberi kemudahan bagi karang taruna dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan dinas sosial.

"Saya tidak mau mengintervensi kegiatan Dinsos. Sebab saya berbicara disini sebagai Ketua Karang Taruna, bukan sebagai Wakil Bupati. Namun, saya berharap Dinsos bisa lebih care dan mensupport kami secara legal, sesuai ketentuan yang berlaku," harap Safin.

Pada kesempatan tersebut selaku Wakil Bupati Safin juga berpesan pada anggotanya agar turut menjaga kondusivitas Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 21 Desember 2019.

"Jangan terbawa emosi. Kalau punya pilihan, saya tidak mengintervensi, tapi jaga kondusifitas. Kalau ada di antara kalian yang nyalon kades, itu hak politik Anda. Tapi jangan benturkan dengan Karang Taruna. Peluang politik itu wajar saja sebagai bonus berorganisasi, tapi tetap tugas utama karang taruna ya memberi kemanfaatan, menjadi penggerak di desa untuk memberikan kebaikan," tutupnya.

Dalam forum ini turut dihadiri Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Pati Tri Hayumi dan perwakilan anggota karang taruna se- Kabupaten Pati. (po4/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar