Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Bupati Pati Pimpin Upacara Peringatan Hari Ibu dan Bela Negara

Bupati Pati Haryanto hari ini menjadi Irup Peringatan Hari Ibu ke-91 dan Hari Bela Negara ke-71 di halaman Kantor Setda Kabupaten Pati.

Haryanto dalam amanatnya mengatakan bahwa Peringatan Hari Ibu ini diharapkan menjadi momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan untuk lebih memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Dengan tema Hari Ibu kali ini yaitu Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, perempuan didorong untuk mengembangkan segala potensi dan kemampuannya sebagai motor penggerak sekaligus sebagai agen perubahan.

Menurut bupati, tema tersebut dipilih setelah melihat situasi dan kondisi Indonesia saat ini dimana masih sering ditemukan perempuan yang mengalami kekerasan, bahkan perlakuan diskriminatif.

"Dan yang terpenting ialah, peran laki - laki dalam kampanye-kampanye dan gerakan - gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan terhadap perempuan", imbuhnya.

Terkait peringatan Hari Bela Negara, menurut Bupati, Presiden telah menginstruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia.

Hal ini, lanjutnya, juga melibatkan segenap jajaran Kementrian / Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat.

Bupati juga meyakini, bela negara bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun aktual, namun juga menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa.

"Tanpa adanya sikap dan perilaku bela negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan berbagai sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang diharapkan", imbuhnya.

Untuk itu, bupati menegaskan bahwa penanaman nilai - nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat.

"Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai - nilai kebangsaan. Sedangkan yang mengabarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang dan bertanggung jawab", pungkasnya. (fn3 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar