Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Jadi Tuan Rumah Forwakada, Wabup Tunjukkan Potensi Ekonomi Pati

 

Kabupaten Pati menjadi tuan rumah kegiatan Forum Wakil Kepala Daerah Indonesia (Forwakada), yang berlangsung pada 2-4 Januari 2020. Kegiatan ini diikuti para wakil kepala daerah di wilayah Jawa Tengah, ditambah dua dari luar pulau, yakni Wakil Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara, dan Wakil Bupati Merangin, Jambi.

Satu di antara agenda dalam kegiatan ini ialah city tour, yaitu kunjungan ke tiga sentra perekonomian di Pati, yakni Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana II, PT Samaco Karkasindo Utama yang merupakan produsen karkas ayam, dan PT Sampurna Kuningan yang bergerak di industri Kuningan. Kunjungan ini dilaksanakan pada Jumat (3/1) dan berlanjut dengan offroad di Agrowisata Jollong.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menyebut, kunjungan ini dimaksudkan untuk memberi gambaran bahwa Pati memiliki beberapa produk yang bisa disinergikan dengan daerah lain. "Kita tunjukkan bahwa kita penghasil perikanan, kuningan, daging ayam, dan sebagainya. Kalau kita punya produk ini, kan, siapa tahu daerah lain membutuhkan,” ucap pria yang akrab disapa Safin ini.

Ia menegaskan, sasaran dari kunjungan ini ialah terjalinnya kerja sama ekonomi antardaerah.Untuk mencapai tujuan ini, menurutnya perlu dilakukan proses pengenalan produk khas daerah. Karena kali ini Pati menjadi tuan rumah, maka produk Pati harus diperkenalkan.

"Kalau sudah kenal, antar daerah sudah ada hubungan dan jalinan komunikasi yang baik, tentu bisa saling menguntungkan. Kalau kita tidak saling memahami, tidak akrab, tujuan ini sulit tercapai," ujarnya.

Mengenai tempat-tempat yang dipilih sebagai destinasi kunjungan, Safin menjelaskan, pertimbangannya ialah yang produksinya berlebih dan sudah mencukupi kebutuhan pasar lokal Pati.

"Maka ini harus kita promosikan. Ke depan saya ingin Pati jadi destinasi produsen. Inilah yang akan kita kuatkan. Saya ingin Pati dikenal sebagai kota produsen ikan, ayam, kuningan, buah-buahan, dan lain-lain," tandas Safin. (po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar