Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Tinjau Tanggul Jebol Desa Margomulyo, Wabup Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah di Sungai

Tanggul jebol di Desa Margomulyo, Kecamatan Juwana, Minggu (5/1/2020) malam mengakibatkan tumpukan sampah di beberapa titik desa tersebut. Air yang mengalir dari tanggul yang jebol tersebut membawa sampah dan mengakibatkan sumbatan di bawah salah satu jembatan.

Ketika meninjau lokasi, Senin (6/1/2020) pagi, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan, tumpukan sampah yang sangat banyak tersebut akhirnya mengganggu aliran sungai.

"Tadi malam (pembersihan) dikerjakan sampai pukul dua pagi. Dan ini masih dikerjakan memakai alat berat, dibantu TNI-Polri, BPBD, relawan, dan masyarakat," ucap pria yang akrab disapa Safin ini.

Safin mengatakan, sebagai bagian dari langkah penanganan, tanggul yang jebol juga diperbaiki. Kepada masyarakat, ia mengimbau agar mereka tidak membuang sampah ke sungai maupun saluran air yang akhirnya menghambat aliran air dan mengakibatkan banjir.

"Karena curah hujan sudah tinggi, tolong jaga kewaspadaan. Selain itu, tolong jaga jangan sampai aliran sungai terhambat sampah. Mari kita mulai dari diri sendiri," imbaunya.

Sementara, Kepala Desa Margomulyo Supriyadi mengatakan, peristiwa tanggul jebol tadi malam juga mengakibatkan lahan persawahan warga seluas sekira 40 hektare terendam air.

"Karena masa tanam baru 2 minggu, belum dipupuk dan sebagainya, kerugian mungkin Rp 100 jutaan. Tanaman belum besar, diikhlaskan saja, nanti ditanam lagi. Untuk sementara, kita menutup tanggul yang jebol," ujarnya. (po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar