Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Wabup Apresiasi Pasar Imlek, Jadi Wadah Berkumpulnya UMKM Pati

Wakil Bupati Saiful Arifin membuka Pasar Imlek Bumi Mina Tani yang bertempat di kompleks Pecinan Pati, tepatnya di sekitar klenteng Hok Tik Bio, Jumat sore (17/1).

Wabup Saiful Arifin mengatakan pihaknya merasa berterima kasih dengan adanya Pasar Imlek dalam rangka memeriahkan tahun baru Imlek 2571 ini. Menurutnya, selain memberi hiburan pada masyarakat, event yang akan digelar hingga 26 Januari mendatang ini juga mampu mewadahi UMKM.

Ia berharap, pada momen perayaan Imlek ini semangat keberagaman bangsa bisa ditonjolkan demi kemajuan daerah. "Nilai-nilai Pancasila kita pertahankan. Gotong-royong dan kerja sama. Mari kita bangun Kabupaten Pati. Tanpa kebersamaan ini tidak bisa kita lakukan," tegasnya.

Ketua Umum Kelenteng Hok Tik Bio Pati Eddy Siswanto menjelaskan Pasar Imlek ini merupakan bagian dari perayaan Imlek 2020.

Selain Pasar Imlek ini di samping ritual peribadatan, ada pula kegiatan lain dalam rangka memeriahkan Imlek. Di antaranya pada 24 Januari mendatang, Kelenteng akan membagikan dua ton kue keranjang pada masyarakat. Kemudian pada 25 Januari akan ada kirab budaya lintas agama.

"Nanti juga ada kirab (patung) dewa. Tujuannya untuk mendoakan kesejahteraan rakyat di Pati. Selain itu karena di Pati sedang banyak bencana, mudah-mudahan Tuhan Yang Mahakuasa memberi keselamatan pada rakyat Pati dan Indonesia pada umumnya," ujar Eddy.

Terdapat sekira 90 stan dalam Pasar Imlek ini. Stan-stan tersebut menjajakan berbagai produk, di antaranya aneka rupa kuliner, karpet, pakaian, dan mainan anak. Pada seremoni pembukaan, ada pula penampilan kesenian barongsai. (po3/Po/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar