Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Bupati Dukung Pencanangan Zona Integritas di Polres Pati

Bupati Pati Haryanto menghadiri Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Polres Pati Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, Jumat (13/3/2020).

Acara yang dilaksanakan di Gedung Mantab Brata Polres Pati ini juga dihadiri jajaran Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Pembacaan deklarasi dipimpin langsung oleh Kapolres Pati AKBP Arie Syafa"at.

Dalam sambutannya, Bupati Pati Haryanto mengatakan, pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh pencanangan ini. Ini merupakan wujud komitmen bersama untuk memberi pelayanan terbaik pada masyarakat.

"Di lingkungan instansi vertikal, beberapa waktu lalu saya juga menyaksikan pencanangan zona integritas di KPPN, Kajari, PN, PA, dan lain-lain. Adapun di lingkungan pemerintah daerah, kami sendiri juga melakukan langkah serupa," ungkap Haryanto.

Menurut dia, langkah mengurangi sekaligus menghilangkan praktik ilegal di lingkungan aparatur pemerintahan telah berlangsung lama. Namun demikian, upaya ini memang perlu diformalkan dalam bentuk pencanangan dan pembacaan deklarasi. Hal ini demi memberi kesan positif di hadapan masyarakat.

"Kita setapak demi setapak mengurangi dan menghilangkan yang selama ini menjadi catatan besar di masyarakat. Memang kadang masyarakat menilai secara general. Citra negatif institusi pemerintahan telah terbangun sejak puluhan tahun lalu. Sekarang pun di setiap pelayanan pasti masih ada anggapan demikian," ucap dia.

Haryanto menambahkan, dengan masih adanya citra negatif di pandangan masyarakat, komitmen memberantas praktik ilegal di institusi pelayanan publik perlu terus dipertegas.

Dalam hal ini, beberapa waktu lalu Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menandatangani komitmen pembangunan Mal Pelayanan Publik bersama MenPAN-RB Thahjo Kumolo.

"Selain itu Kami juga menerapkan transaksi nontunai di semua kegiatan Pemda, baik pemasukan maupun pengeluaran. Ini termasuk bagian dari komitmen zona integritas," tutur Bupati. (po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar