Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Gowes Bareng Forkopimda, Bupati Tinjau Pembangunan Embung Sukoagung

Bupati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin, Dandim, Kapolres, Sekda dan seluruh Kepala OPD meninjau pembangunan Embung Sukoagung di Kecamatan batangan, Jumat (19/6). Perjalanan menuju embung di desa Sukoagung itu, Bupati beserta rombongan memilih bersepeda sambil menikmati pemandangan.

Bupati Haryanto mengatakan kegiatan sepeda sehat bersama Wakil Bupati sekaligus meninjau pembangunan embung yang sudah cukup lama. Ia bersyukur embung yang dibangun oleh BBWS sungai Juwana ini telah rampung dan akan bermanfaat bagi warga.

Bupati mengungkapkan manfaat embung untuk pengairan di wilayah sekitar desa Sukoagung, Kecamatan Batangan. Menurutnya dengan adanya embung di desa- desa bisa menjadi tadah hujan yang membantu para petani untuk pengairan sawah.

Secara keseluruhan, embung berada di lahan seluas 12 hektar. Namun yang dipakai untuk pengairan kurang lebih sekitar 3,6 hektar. Bupati mengatakan tanah ini merupakan milik negara yang kemudian disertifikatkan Pemda untuk diusulkan menjadi pembangunan embung di BBWS sungai Juwana.

Bupati menjelaskan untuk saluran irigasi di Kecamatan Batangan tidak memungkinkan jika hanya mengandalkan embung Sukoagung. Ia mengatakan saat ini Waduk Randugunting yang berada di wilayah Kecamatan Jakenan, Jaken dan Batangan dalam proses pembangunan.

Tak hanya Kabupaten Pati yang akan mendapatkan manfaat dari waduk ini, Kabupaten Rembang pun akan menggunakan pengairan dari Waduk Randugunting. "Waduk ini berada di tanah milik Perhutani. Nanti yang memanfaatkan sebagian Kabupaten Rembang dan sebagian Kabupaten Pati," pungkasnya. (po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar