Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Wabup : Petani Harus Dapatkan Nilai Lebih dari Usaha Pertanian

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin) bersama dengan Kepala Dinas Pertanian, hari ini (21/7), mengadakan rapat kerjasama dengan PT Pertani (Persero). Rapat itu, menurut Safin dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas di tingkat petani sehingga mereka bisa mendapatkan nilai lebih dari usaha pertanian mereka.

"Kita harus memikirkan tentang bagaimana para petani ini bisa mendapatkan benih terbaik dengan harga yang kompetitif dan tentunya yang paling penting adalah metode pemasaran tepat", imbuhnya

Jika hasil produksi pertanian mereka punya nilai lebih, harapannya pendapatan para petani pun dapat ikut meningkat.

"Jika bibit unggul, produktivitas bagus tentunya kita tidak akan pernah berpikir untuk impor. Sebab  produk lokal bisa kita berdayakan dengan maksimal dan tentunya ketahanan pangan ini akan jadi kekuatan nasional", lanjutnya.

Dengan harga panen yang cukup kompetitif, menurut Wabup, imbasnya  petani juga yang akan diuntungkan. "Tak seperti saat ini dimana justru importir-importir yang lebih diuntungkan", lanjutnya.

Kepada peserta rapat, Wabup juga menekankan untuk menguatkan pertanian lokal. "Ini yang penting perlu kita catat bahwa jangan sampai sedikit-sedikit kita import. Kita kuatkan saja pertanian lokal, syukur-syukur petani Pati bisa meningkatkan pasokan untuk stok pangan nasional. Saya yakin petani kita mampu", tegas Wabup.

Sementara itu, Lalan Sukmaya, Direktur Operasional PT Pertani Persero mengatakan bahwa pihaknya yang mempunyai wilayah kerja di Kabupaten Pati, telah  berupaya untuk bisa mengoptimalkan aset yang berupa sarana produksi pertanian yang disinergikan dengan Pemerintah Kabupaten Pati.

"Mudah-mudahan kami bisa turut mendukung Pak Wabup dalam mewujudkan visi beliau dalam mensejahterakan petani", lanjutnya.

Lalan Sukmaya juga mengaku bahwa pihaknya punya pengering  di Jepara yang akan dipertimbangkan untuk bisa digeser ke Pati guna membantu masyarakat wilayah Pati dalam mengeringkan gabah.

"Kami Insya Allah akan pikirkan termasuk penyediaan benih yang telah disampaikan wakil bupati bahwa produk kami jauh lebih baik dari yang multinasional impor", paparnya. Ia pun sepakat untuk mendukung produk lokal yang memiliki kualitas bagus dan harganya jauh lebih murah dari impor. (fn3/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar