Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Hari Jadi di Tengah Pandemi, Batasi Peserta Upacara dan Ziarah

Bupati Pati menjadi Inspektur Upacara Hari Jadi ke-697 Kabupaten Pati yang dilaksanakan di Halaman Sekretariat Daerah, Jumat (7/8).

Dalam kondisi pandemi Covid-19, Upacara Hari Jadi tahun ini hanya dihadiri oleh Forkompimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Camat. Upacara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta upacara memakai masker dan menjaga jarak antar tiap barisan.

“Meskipun Upacara Hari Jadi dilaksanakan secara sederhana, tetapi tidak mengurangi kekhidmatan dan rasa syukur kita dalam memperingati Hari Jadi ke-697 Kabupaten Pati yang kita cintai ini,” ujar Bupati mengawali sambutan.

Bupati mengatakan di usia yang ke-697 ini, Kabupaten Pati telah meraih berbagai prestasi dalam kemajuan pembangunan. Hal ini menjadi bukti nyata kerja sama, keguyuban, kerukunan, kegotong-royongan, dan kolaborasi antara semua elemen masyarakat Kabupaten Pati.

Haryanto berharap prestasi yang telah diraih Kabupaten Pati dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi pada tahun-tahun berikutnya. “Kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus memberi dukungan dan partisipasi secara aktif dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Pati dalam kondisi apapun,” imbuhnya.

Dalam penanganan pandemi Covid-19, Bupati mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Pati telah melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Diantaranya dengan mengeluarkan Peraturan Bupati nomor 49 tahun 2020 tentang Pedoman Menuju Tatanan Normal Baru. "Tidak hanya upaya pencegahan, namun juga bantuan stimulan yang diberikan kepada masyarakat dalam kondisi pandemi saat ini," ujar Bupati.

Bupati menegaskan bahwa upaya pemerintah dalam menangani kasus pandemi Covid-19 ini tidak akan maksimal tanpa dukungan dari masyarakat. “Bentuk dukungan berupa kepatuhan dan kedisplinan dalam menerapkan protokol kesehatan” tegasnya.

Setelah Upacara Hari Jadi, Bupati bersama Wakil Bupati dan Forkopimda berjalan menuju makam Adipati Tombronegoro untuk melakukan ziarah. Bila di tahun- tahun sebelumnya istri Bupati, Forkopimda dan Kepala OPD ikut berziarah. Namun dalam kondisi pandemi ini, hanya Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda yang melakukan ziarah.

Durasi ziarah juga dipersingkat dan tetap melakukan protokol kesehatan. Bupati mengatakan, harapan yang dipanjatkan pada Hari Jadi ialah agar pandemi segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali. (po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar