Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Wabup : Sinergi Pemdes dan Karang Taruna, Mampu Wujudkan Inovasi Desa

Dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pengembangan desa, diperlukan adanya sinergi antara pemerintah desa (pemdes) dengan para pemuda melalui organisasi Karang Taruna. Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat membangun sebuah desa yang Iebih maju Iewat inovasi dan terobosan para pemuda.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Saiful Arifin selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati saat menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Ketua Karang Taruna Desa Mojoagung Kecamatan Trangkil masa bakti 2020-2025, Sabtu (24/10).

Ketua terpilih Eko, dikukuhkan dan dilantik oleh Kepala Desa Mojoagung yang disaksikan oleh Wakil Bupati, Muspika Kecamatan Trangkil juga perwakilan pengurus karang taruna. Pengukuhan dilakukan di Balai Desa Mojoagung, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Wakil Bupati berpesan kepada Ketua dan pengurus terpilih agar selalu menjaga komunikasi yang baik dengan pemerintahan desa. Menurutnya, karang taruna merupakan sebuah organisasi sosial dalam lingkup desa atau kelurahan dan beranggotakan pemuda di lingkungan sekitar yang ikut berperan terhadap pembangunan di wilayahnya.

Wabup mengatakan karang taruna harus berdampingan dengan pemerintah dan komponen masyarakat Iainnya untuk pengembangan potensi generasi muda di desa dalam rangka pembangunan desa ke arah yang lebih baik.

"Karang Taruna harus bisa menghidupkan peran serta pemuda dalam pembangunan desa melalui berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat," ujar Wabup.

Saiful Arifin mengatakan bahwa karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif. Salah satunya dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada.

"Karang taruna harus melaksanakan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah sosial di lingkungannya," tegas Wabup.

Wabup menekankan banyak hal yang bisa di lakukan anggota karang taruna untuk mewujudkan peningkatan kesejahtaraan sosial  bagi warga desa pada umumnya dan khususnya pemuda. (po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar