Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

SLCN TINGKATKAN KETRAMPILAN PARA NELAYAN

SLCN

Penyelenggaraan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) di Kabupaten Pati memiliki arti yang penting, karena potensi nelayan di Pati sangat besar, ini  diharapkan bisa meningkatkan produksi ikan, memprediksi cuaca dari informasi BMKG .

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Tanjung Emas, Retno Widyaningsih  menyampaikan hal ini pada Sekolah Lapang Cuaca Nelayan di Kecamatan Juwana (24 -25 Mei 2021).

Lebih lanjut disampaikan, tujuan SLCN, meningkatkan ketrampilan para nelayan dalam mengakses membaca menindaklanjuti dan mendiseminasikan informasi cuaca dan iklim maritim serta informasi perkiraan lokasi ikan (PPDPI) dari sumber terpercaya yang memiliki kewenangan mengeluarkan informasi tersebut kepada komunitas yang mata pencaharian berhubungan langsung dengan dunia maritime, sehingga dapat dipakai dalam proses pengambilan keputusan berlayar.

Selain itu, diperkenalkan aplikasi BMKG berbasis android yang dapat diakses dengan mudah oleh nelayan. Sedang produk informasi cuaca maritime di https://maritim.bmkg.go.id/ dapat dimanfaatkan nelayan antara lain , pemetaan iklim cuaca arus dan angin, terkiraan cuaca harian,mingguan, bulanan, arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang dan peringatan dini.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati Edy Martanto,  menekankan bahwa SLCN sangat penting dan bermanfaat bagi nelayan di Kabupaten Pati. Kesempatan yang baik ini mohon untuk dilaksanakan dengan sebaik baiknya. Kedepan SLCN ini bisa dilaksanakan di wilayah lain di Kabupaten Pati.

0 Komentar

    Tambah Komentar