Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Akhiri Rangkaian Kegiatan Di BAPPEDA, Mahasiswa KKN-T IPB Menggelar Acara Lokakarya

kkn

Telah dilaksanakan Lokakarya 2 oleh mahasiswa KKN-T IPB 2022 pada Kamis (28/7/2022) bertempat di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA). Kegiatan ini dihadiri oleh 17 mahasiswa perwakilan dari sejumlah 33 mahasiswa yang KKN di Pati, Ibu Dr. Rini Hidayati selaku koordinator wilayah dan Bapak Dr. Zaenal Abidin, MAgr selaku wakil dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai perwakilan dari IPB.

Agenda dimulai dengan pembukaan, sambutan dari wakil dekan, lalu dilanjutkan sambutan dari Bapak Dr. Muhtar, S.I.P., M.M selaku Kepala Bappeda Pati. Presentasi hasil program kerja selama 40 hari kegiatan KKN dipaparkan oleh masing-masing koordinator desa (kordes) dari 4 desa, yaitu Khairul Yanuar selaku kordes Desa Purworejo, Dhaifan Fathan selaku kordes Pangkalan, Muhammad Marsha selaku kordes Ngawen, dan ditutup oleh Gigih Budhiswara selaku kordes Tunggulsari.

Pemaparan hasil program kerja dilakukan sebagai bentuk monitoring dan evaluasi kegiatan KKN. Masing-masing perwakilan desa menunjukkan hasil program kerja seperti produk olahan abon jantung pisang, eco-enzyme, dan video kompilasi kegiatan KKN yang telah dilaksanakan.

Pemaparan dilanjutkan diskusi dan evaluasi pelaksanaan oleh Dosen Pendamping Lapangan dari masing-masing Desa Lokus dan Kabid Pemerintahan dan Pembangunanan Manusia Bappeda Kabupaten Pati oleh Bapak J. Harnoko, S.Pi.,MM diantaranya terkait  pentingnya koordinasi dengan pemangku kepentingan terutama di Desa diantaranya dengan Kepala desa dan perangkatnya serta tokoh-tokoh masyarakat.

"Menginspirasi dengan berkontribusi" sebagi tag line mahasiswa KKN-T IPB Pati, menjadikan anak-anak sebagai obyek KKN karena anak-anak bagaikan kertas putih dan anak-anak bisa termotivasi tentang pentingnya sekolah, pendidikan dan hal-hal baru.

Selain apresiasi atas pelaksanaan KKN mahasiswa di lokus disampaikan oleh Kepala Bappeda pentingnya "Tilas dan Tulis". Hal ini agar KKN tahun selanjutnya dapat dikembangkan lagi dan bisa menarik perhatian orang lain mengenai desa yang dijadikan sebagai tempat KKN.

Kegiatan hari ini ditutup dengan penyerahan plakat dan kenang-kenangan dari mahasiswa IPB yang kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. ( MR09 ).

0 Komentar

    Tambah Komentar