Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Ormas Pati siap mendukung Percepatan Vaksinasi Masyarakat Rentan

percepatan vaksin rentan 2

Migrant CARE atas dukungan AIHSP, Save The Children dan Pemkab Pati menyelenggarakan Sosialisasi dan Koordinas Percepatan Vaksinasi bagi Masyarakat Rentan Bersama Organisasi Masyarakat Sipil di Kabupaten Pati, Kamis (18/8/2022) di Hall Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati.

Prijo Wasono Program Officer Progfram Vaksinasi Migrant CARE mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksinasi. Prijo menambahkan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 30 Organisasi Masyarakat Sipil, Organisasi Perangkat Daerah Kab Pati, Kepolisian, TNI, dan SDM Vaksinasi di Kabupaten PATI.

Kepala Dinas Kesehatan dr Aviani Tritanti Venusia, MMdalam paparannya menyambut baik dukungan dari Migrant CARE ini dan berharap dapat mempercepat tercapainya target vaksinasi.  “Ada 3 (tiga) faktor penting dalam vaksinasi yakni yang Ketersediaan Vaksin, Masyarakat sasaran vaksin dan Petugas Vaksinator, jika ada yang membantu menggerakkan masyarakat untuk vaksinasi maka ini sangat membantu” ungkap Kepala Dinas. Lebih lanjut kepala dinas menyebutkan bahwa capaian vaksinasi di Kabupaten PATI untuk dosis I sebesar 80, 96persen, dosis II 68,32persen dan dosis 3 atau boster 19,39 persen

“Untuk mempercepat vaksinasi Pemerintah Kabupaten Pati memiliki beberapa stategi diantaranya Peningkatan Edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat, mendekatkan pelayahan vaksin kepwada masyarakat dan pelaksanaan vaksin door to door ”, kata kepala dinas kesehatan.

Kemudian Kepala Dinas menambahkan bahwa kerjasama lintas sektoral juga dilakukan agar vaksinasi bisa Cepat mencapai target. Berbicara kelompok rentan seperti difabel, Pati juga sudah menyelenggarakan Vaksinasi bagi penyandang disabilitas, sekitar 2.700 orang sudah divaksin dosis 1, 2.200 dosis 2 dan untuk dosis 3 baru sampai angka 200.

“Maka kami minta tolong kepada organisasi masyarakat terutama organisasi difable untuk membantu menggerakan vaksinasi” ajak dr Aviani.

Sementara itu Manager program vaksin, Migrant CARE, Sinam Sutarno mengatakan bahwa Program VAKSINASI yang diselengarakan Migrant , Save The Children dan AIHASP ini bertujuan untuk mendukung pemerintah Kabupaten Pati dalam percepatan vaksinasi terutama bagi kelompok masyarakat rentan bersama organisasi masyarakat sipil. 

“Dengan mendorong organisasi masyarakat sipil berpartisipasi mendukung upaya ini maka diharapakan akan mempercepat vaksinasi” ungkap sinam.

“Kami berharap dari 40  peserta yang hadir dapat melakukan sosialisasi dan gerakan vaksinasi di masyarakat terutama kelompok rentan diantaranya lansia, disabilitas, masyarakat miskin, maupun masyarakat yang memiliki kerentanan tertentu”tandasnya.

 Yang jelas bahwa mereka ini memiliki keterbatasan, memiliki kesempatan yang tidak sama dengan kita, perlu ada tindakan yang lebih sehingga kemudian semuanya punya akses yang sama, sehingga keadilan vaksin terwujud, semua punya hak untuk sehat,” terang Sinam.

“Kami percaya dengan keterlibatan organisasi masyarakat akan ada ide ide segar yang kreatif untuk menggelar vaksinasi bagi masyarakat rentan, jadi saatnya semua bergotong royong” pungkas sinam.

 Acara diakhiri dengan komitmen bersama peserta untuk percepatan vaksinasi bagi masyarakat rentan di Kabupaten Pati

 

0 Komentar

    Tambah Komentar