Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Dalam Mengambil Keputusan Harus Merujuk Kepada Data

fgd statistik 1

Seperti disampaikan Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD pada tanggal 16 Agustus 2021, bahwa dalam mengambil keputusan, Pemerintah harus terus merujuk kepada data serta kepada ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati, Anang Sarwata pada FGD  Evaluasi Data Kabupaten Pati Dalam Angka dan Rekomendasi Statistik 2023 di Hotel Safin pada Kamis ( 2/2/2023).

Lebih lanjut disampaikan oleh Anang Sarwata, tujuan Satu Data Indonesia menurut Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 adalah memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi Instansi Pusat dan instansi Daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data, mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah, dan mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah guna mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN) sesuai peraturan perundang-undangan.

Untuk itu telah dibentuk Sekretariat  Satu Data Indonsia, ditingkat daerah yang bertugas memberikan dukungan dan pelayanan teknis operasional dan administratif kepada forum SDI tingkat daerah.

Menyinggung mengenai peranan Rekomendasi Kegiatan Statistik, disampaikan oleh Statistisi Muda BPS, Suparman, merupakan saran yang diberikan oleh BPS kepada penyelenggara kegiatan statistik berdasarkan hasil penelitian dan evaluasi BPS terhadap suatu rancangan  kegiatan statistik

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga, penyerahan Piagam kepada Produsen Data Terbaik dalam Penyusunan Rekomendasi Statistik Tahun 2022 kepada Terbaik 1, Dinas Pertanian, Terbaik 2 kepada RSUD RAA Soewondo, dan Terbaik 3 kepada Sekretariat DPRD Kabupaten Pati.

Sementara sebagai Produsen Data Terbaik dalam pelaporan Metadata Statistik Sektoral diberikan kepada terbaik 1 Polresta Pati, terbaik 2 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan terbaik 3 kepada Dinas PUTR Kabupaten Pati. (ws/mr09/fr)

0 Komentar

    Tambah Komentar