Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Mengenal Nanas

Menurut Dr Setiawan Dalimartha dalam bukunya yang berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia, enzim bromelain dalam buah nanas berkhasiat sebagai anti-radang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah (blood coagulation).

Kandungan serat nanas yang cukup tinggi, cocok mengobati sembelit. Makan buah nanas, sama artinya mengonsumsi obat pencahar (konstipasi). Efeknya, buang air besar yang tadinya tersendat, menjadi lancar kembali. Nanas juga cukup baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang sakit. Dalam nanas terkandung zat-zat yang dapat meningkatkan penyerapan obat ke dalam tubuh.

Dibalik semua kebaikan nanas, ada hal yang tetap harus diwaspadai dalam mengkonsumsi nanas. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi nanas dalam jumlah tertentu akan membuat sakit kepala, pusing dan gatal-gatal. Hal ini karena buah nanas memang bisa menjadi salah satu bagian alergi tersendiri untuk orang-orang tertentu. Penyebabnya bisa dari buah nanas yang dimakan kurang bersih, bisa juga memang sudah menjadi alergi sendiri layaknya buah durian. Masalah yang cukup parah akibat alergi nanas, adalah gatal-gatal pada bibir, menjadi bengkak dan kulit yang merah-merah. Lambung bisa menjadi panas karena konsumsi berlebih. Di sarankan selalu memilih terlebih dahulu ketika akan membeli nanas di pasar. Nanas yang baik bisa diteliti dari warna yang masih segar, dan bau manis yang sangat khas.

0 Komentar

    Tambah Komentar