Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Realitas Media, Sejauh Mana?

Kepentingan publik bisa berupa hak-hak untuk meraih kesejahteraan ekonomi, sosial, dan politik. Tentu termasuk di dalamnya hak memperoleh informasi dan hak untuk menyampaikan informasi. Media pun menjadi jembatan dalam peran fasilitasi. Kepentingan publik juga bisa mewujud lewat ekspresi katarsistik, yakni media mewakili atau mengungkapkan pera­saan masyarakat. Framing dalam pemberitaan meninggalnya Uje, cu­kupkah mengekspresikan katarsisisme?

Jurnalisme blow up, yang menguliti hampir semua sisi yang terkait dengan episentrum peristiwa, merupakan logika berpikir kompetitif, kesadaran tentang persaingan survivalitas media. Termasuk dalam tayangan-tayangan infotainment yang banyak mengabaikan kejenuhan pemirsa. Dalam kasus-kasus ini, pemberitaan pun menjadi medium dinamis pembelajaran praksis media yang tak pernah habis. Dan, seharusnyalah para pekerja media selalu diusik oleh banyak pertanyaan etis. (/)

0 Komentar

    Tambah Komentar