Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

11 Fakta Tentang Batik!

  1. Sepuluh dari 11 proses pembuatan batik selalu diawali dengan kata N. Dimulai dari Nyungging (membuat pola motif batik di kertas), Njaplak (memindahkan pola dari kertas ke kain), Nglowong (melekatkan malam di kain dengan canting sesuai garis pola), Ngiseni (memberi motif isian atau isen-isen pada motif yang sudah dilekatkan dengan malam), Nyolet ( mewarnai motif bunga atau burung dengan kuas), Mopok (menutup bagian yang dicolet dengan malam. Tahap ini diiringi dengan nembok atau menutup bagian dasar kain yang tidak perlu diwarna), Ngelir (melakukan proses pewarnaan kain secara menyeluruh), Nglorod (merupkan proses pembilasan yang dilakukan dua tahap. Di pertengahan dan akhir. Caranya dengan merendam kain di air mendidih), Ngrentesi (memberikan titik menggunakan canting berjarum tipis), Nyumri (menutup bagian tertentu dengan malam), Nyoja (mencelupkan kain dengan warna coklat atau sogan. Seperti cirikhas batik Jogja dan Solo).
  2. Sehelai kain batik tulis ukuran 2,5 meter diselesaikan dalam tiga bulan. Semakin unik motif dan warnanya, semakin bernilai koleksi batik tersebut.
  3. Batik saat ini dibedakan menjadi dua. Batik tradisional dan Batik moderen. Pada batik tradisional masih menggunakan motif berfilosofis yang umumnya mencerminkan daerah pembuatan. Sedangkan motif batik moderen tidak bermakna simbolik dan cenderung berwarna bebas seperti ungu, biru, kuning, dsb. Untuk batik tradisional cenderung berwarna gelap, putih, atau coklat kehitaman.
  4. Hingga kini digelar lebih dari 10 festival batik setiap tahun. Mulai Festival Batik Nusantara, Festival Batik Solo, Festival Batik Pekalongan, Festival Batik Semarang, Festival Batik Jawa Timur, Festival Batik Jawa Barat, Festival Batik Kontemporer, Festival Batik Nasional, Pekan Batik Nasional, Pekan Batik Internasional, dan Indonesia World Batik Summit.
  5. Berdasarkan teknik pembuatannya batik dibedakan menjadi tiga : Batik Tulis, Batik Cap dengan pembuatan 3-4 hari, dan Batik Lukis.
  6. Solo dan Pekalongan jadi kota di Indonesia yang konsisten menggelar acara batik, mulai dari mengadakan Festival Batik Solo, Karnaval Batik Solo, Festival Batik Cina.
  7. F.A. Sutjipto (arkeolog Indonesia) percaya tradisi membatik juga dimiliki daerah seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua.
  8. Beberapa artis Hollywood dan tokoh publik Amerika yang ikut mengenakan batik di acara penting seperti Bill Gates, Jessica Alba, dan Adam Clayton (bassist U2) saat tampil di Somerville Theatre, Boston, Massachussets, Amerika Serikat. Jessica mengenakan batik saat menghadiri red carpet Step-Up’s Fourth Annual Fashion Forward Luncheon. Motif batik yang dia gunakan adalah motif Parang Rusak yang dia pakai khas Jogjakarta.
Source : sheradiofm

0 Komentar

    Tambah Komentar