Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Bela Negara Bukan Berarti Angkat Senjata


Dalam konteks pertahanan pada dasarnya pendidikan kewarganegaraan sudah tercakup di dalamnya pemahaman tentang kesadaran bela negara, yang merupakan fondasi bangunan sistem pertahanan yang bersifat semesta dengan melibatkan seluruh sumber daya, sarana dan prasarana nasional. Namun demikian, pertahanan semesta tidak akan dapat dimobilisasi jika warga negara atau sumber daya manusia yang menjadi sentral bergeraknya sistem itu tidak memiliki sifat perilaku yang dijiwai oleh kesadaran bela negara.
Sayangnya, kini hanya sedikit tokoh maupun pimpinan yang menyadari akan arti pentingnya memasyarakatkan bela negara, nampaknya baru institusi TNI dan Dephan yang tetap peduli dengan konsep bela negara. Untuk itu pemahaman tentang bela negara dan konsep-konsep tentang komponen cadangan patut kita dukung.
gambar : http://dbowwow.blog.com
Untuk itulah sistem pertahanan negara mengamanatkan perlunya penyiapan bela negara sejak dini oleh pemerintah. Mengembangkan pengertian penyiapan dini tersebut, maka dilakukan usaha pembinaan kesadaran bela negara sejak usia sekolah, sehingga diharapkan para calon pemimpin dan calon intelektual bangsa mampu menganalisa dan mengambil keputusan yang mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun kemampuan para pendidik dalam mensosialisasikan bela negara.
Keberhasilan sistem ini, pada gilirannya akan kelihatan pada tampilan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antar warga negara dengan negara, serta pengertian bela negara dalam arti yang luas sehingga menjadi warga negara yang dapat diandalkan.
Sistem ini harus mampu mensinergikan antara kebijakan dan pelaksanaannya. Bahkan karena stigma politik, terdapat kecenderungan bela negara diartikan atau dipahami secara sempit dengan ajaran militerisme. Untuk itu sekali lagi perlu ditekankan bahwa bela negara bukan berarti angkat senjata tetapi merupakan wujud dan bentuk kecintaan kita kepada negara.sekaligus seorang pahlawan. Bukan doswan. Pendosa yang berlumur dengan keangkaramurkaan. (**)

0 Komentar

    Tambah Komentar