Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Tips Menghemat BBM untuk Mobil Anda

2. Matikan mesin ketika macet

Biasanya kita selalu membiarkan mesin tetap menyala ketika menghadapi kemacetan parah. Hal itu juga merupakan sebuah pemborosan bahan bakar. Ketika Macet, Anda lebih baik mematikan mesin mobil dan kalaupun tak dapat mematikan mesin mobil, tempatkan transimisi pada mode netral saja. Maka Anda akan menghemat hampir 15-30 persen bahan bakar.


3. Jangan terlalu sering menginjak rem

Bahan bakar mobil juga menjadi lebih boros ketika Anda terlalu sering menginjak rem. Hal ini sering terjadi saat mobil melaju dengan kencang. Mulai saat ini, cobalah melaju santai agar tidak sering mengerem mobil anda.


4. Cek angin pada ban

Ban yang terisi angin dengan sesuai akan mengurangi gesekan dengan jalanan. Kondisi seperti itu mampu menghemat pengeluaran BBM mobil anda sekitar 3 persen. Selain itu, perhatikan juga jika ban mobil anda sudah aus atau botak. Gantilah dengan ban jenis low rolling resistance, maka anda dapat menghemat BBM sebesar hampir 6 persen.


5. Kontrol kecepatan

Lebih dari 50% bahan bakar hilang ketika mobil sedang melakukan tugas aerodinamisnya, yaitu mengebut. Cobalah untuk menjaga kecepatan Anda agar tidak melaju terlalu cepat. Slain mengurangi resiko kecelakaan, Anda juga menghemat 25 persen bahan bakar dengan kecepatan dibawah 100 km/ jam.


6. Tutup jendela


Kita serring mematikan AC untuk menghemat bahan bakar. Kemudian, kita membuka kaca mobil lebar-lebar untuk mendapatkan hawa yang segar. Namun, jika kaca dibuka lebar-lebar saat melaju, mobil akan menghadapi tekanan angin yang masuk ke dalam. Laju mobil terhambat, bahan bakar jadi boros. Maka, mulai sekarang jangan membuka lebar-lebarkaca mobil saat melaju.

7. Turunkan barang yang tidak perlu

Anda akan lebih boros bahan bakar sekitar 1 sampai 2 persen untuk setiap beban seberat 50 kg di mobil. Jadi bawalah barang-barang yang ringan ketika bepergian. Turunkan barang-barang yang tidak perlu dari mobil Anda. Selain itu, kurangi beban kendaraan dengan cara mengisi bahan bakar setengah penuh saja.

8. Periksa keselarasan roda

Bawalah mobil anda ke bengkel terdekat untuk memastikan seluruh roda telah diselaraskan dengan benar. Penelitian menunjukkan bahwa efisiensi penggunaan bahan bakar menjadi berkurang hingga 10% karena keempat roda yang tak selaras. Selain itu, ban juga menjadi lebih cepat aus.

9. Servis mesin

Mesin memang bukanlah manusia, tetapi mesin juga butuh perawatan secara berkala. Anda dapat menghemat pengeluaran bahan bakar hingga 4 persen dengan menjaga mesin mobil terawat dengan baik.

10. Beralih ke bahan bakar alternatif

Inilah cara paling ampuh untuk menghemat bahan bakar. Kita menjadi jauh lebih hemat jika menggunakan BBM alternatif seperti biodiesel ataupun etanol. Selain dapat menyelamatkan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi yang semakin menipis, harganya juga pasti lebih murah dan dapat mengurangi polusi lingkungan juga. (Sumber: automotto.com)

Laporan: Wahyu Prasetyo

0 Komentar

    Tambah Komentar