Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Menggalang Perempuan demi Bumi

Efektifnya langkah itu? Sepertinya kesadaran melewan pemanasan global baru tumbuh dikalangan kelompok pecinta lingkungan hidup di kota besar. Gerakan ini belum mengakar dan menyebar luas, meskipun masyarakat sudah tau dampak buruk pemanasan global.

Untuk perempuan
Menggugah kesadaran perempuan melawan pemanasan global tidaklah cukup melalui berbagai kampanye di media masa dan seminar tetapi perlu mengajak secara langsung dalam program-program. Sering kali sikap pasif dan terkesan tidak peduli dari kelompok perempuan terutama kaum the have di karenakan saat ini mereka belum merasakan dampak langsung pemanasan global.

Karenanya, perlu menggugah kesadaran mereka, misalnya lewat pemutaran video rekaman derita perempuan saat terjadi banjir dan tsunami, atau film dokumenter yang bercerita nasib petani perempuan dan keluarganya akibat perubahan cuaca ekstrem.

Selanjutnya mereka diajak melakukan tindakan nyata melawan pemanasan global. Misalnya membudayakan membawa kantong belanjaan dari rumah ketika berbelanja. Ini penting untuk mengurangi jumlah sampah plastik. Tindakan lain, mengurangi pemakaian parfum dan hair spray.

Perlu pula melibatkan mereka dalam kegiatan cinta lingkungan hidup, misalnya penanaman pohon. Sosialisasi ini bisa dilakukan lewat arisan, misalnya.

Langkah itu bukan saja menunjukan solidaritas antar perempuan melainkan yang lebih penting dalam jangka panjang berdampak luar biasa bagi kelestarian lingkungan dan kelangsungan kehidupan manusia di bumi.

0 Komentar

    Tambah Komentar