Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Tiga Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa

2. Maag
Ini adalah penyakit yang paling jamak menyerang saat puasa, di mana terjadi gangguan asam lambung akibat tak adanya asupan makanan selama sekitar 14 jam. Gejalanya: sakit pada ulu hati, mual, dan pusing.
Sebagai langkah pencegahan, perbanyak konsumsi makanan mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat. Kombinasikan dengan karbohidrat kompleks untuk menjaga kecukupan kadar glukosa dalam tubuh.
Dan yang penting, jangan menunda waktu berbuka puasa. Tetap mulai dengan minuman hangat dan camilan manis, susul santap berat setidaknya 30-60 menit setelahnya. Bagi yang sudah memiliki riwayat maag, sebaiknya minum obat maag saat sahur dan berbuka, atau konsultasi ke dokter.
3. Konstipasi
Puasa berarti tubuh tidak mendapat asupan makan dan minum selama lebih 14 jam. Selain membuat sistem pencernaaan berhenti bekerja, ini juga rentan membuat tubuh kekurangan cairan yang memicu susah buang air besar atau konstipasi.
Lakukan pencegahan dengan memperbanyak konsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur. Bisa pula dengan menambahkan sajian agar-agar atau minuman probiotik dalam menu buka puasa. Bakteri baik dalam minuman probiotik efektif menjaga kesehatan usus.

0 Komentar

    Tambah Komentar