Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Olimpiade dan Inspirasi Perdamaian

Tanda-tandanya sejauh ini memang menunjukkan harapan itu bisa terwujud dalam Olimpiade 2012 yang diikuti lebih dari 10 ribu atlet tersebut. Kita bungah menyaksikan sembilan atlet Syria turut berpartisipasi, kendati negara mereka dibelit krisis sejak Maret 2011 yang telah menewaskan sekitar 17 ribu nyawa. Lihat pula kegigihan perjuangan para pemain tim sepak bola Mesir saat ditundukkan Brasil.

 

Kita tahu, para penggawa tim Mesir itu pastilah berasal dari berbagai latar belakang yang mungkin berbenturan kepentingan selama revolusi berlangsung di Negeri Pharaoh tersebut. Tapi, di lapangan, yang kita lihat hanyalah soliditas, bukan keterpecahan.

 

Memang ada insiden kesalahan pengibaran bendera Korea Utara dalam laga sepak bola wanita yang memicu protes. Juga, Mitt Romney, lawan Barack Obama dalam pemilihan presiden AS November nanti yang juga mantan ketua panpel Olimpiade Musim Dingin 2002 di Utah, yang menyangsikan antusiasme warga Inggris terhadap Olimpiade.

 

Tapi, ada hampir 70 ribu orang yang menyaksikan duel tim sepak bola Britania Raya melawan Senegal di Old Trafford. Dan, Perdana Menteri Inggris David Cameron sudah menjamin Olimpiade 2012 bakal dirayakan di segenap penjuru Inggris Raya. Jadi, mari nikmati pesta ini, tentu sembari menunggu prestasi dari atlet-atlet kita sendiri. Semoga dari sana lahir inspirasi yang siapa tahu bisa turut mendamaikan bumi. (*)

0 Komentar

    Tambah Komentar