Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Selamat HUT Bhayangkara Ke-67


Saat itu Polri adalah satu-satunya satuan bersenjata yang relatif lebih lengkap. Hanya empat hari setelah kemerdekaan, tepatnya tanggal 21 Agustus 1945, secara tegas pasukan polisi memproklamirkan diri sebagai Pasukan Polisi Republik Indonesia yang dipimpin oleh Inspektur Kelas I (Letnan Satu) Polisi Mochammad Jassin di Surabaya.
Pada awalnya kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung. Berikutnya mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga sekarang.
Sedangkan kemandirian Polri diawali sejak dipisahkannya Polri dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) tanggal 1 April 1999. Sejak itu TNI dan Polri masing-masing menjadi instutisi yang terpisah. Sebagai bagian dari proses reformasi, maka kebijakan tersebut harus dipandang dan disikapi secara arif sebagai tahapan untuk mewujudkan Polri sebagai abdi negara yang profesional dan dekat dengan masyarakat.
Semoga peringatan HUT Bhayangkara ke-67 tahun 2013 ini dapat menjadi ajang refleksi, evaluasi dan momentum untuk mempermantap kinerja dan pengabdian Polri ke depan. Rakyat rindu dan menunggu perubahan ke arah yang lebih baik. Semoga. **
 
gambar :www.dpbbm.com

0 Komentar

    Tambah Komentar