Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Kabupaten Pati Nominator Adipura Kencana

Pada Hari Rabu (04/11/2015), Bupati Pati bersama  Tim Adipura Kabupaten Pati Tahun 2015 yang terdiri dari  Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait telah melakukan paparan tentang pengelolaan sampah dan aspek pemasarannya kepada Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta. Paparan ini dilaksanakan sebagai rangkaian penilaian Adipura Tahun 2015. Berdasarkan  pengalaman sebelumnya jika Bupati harus menyampaikan paparan materi di depan Dewan Adipura Kementerian Lingkungan Hidup, besar kemungkinan Kabupaten Pati masuk nominasi sebagai peraih Adipura Kencana.
Dalam paparan dijelaskan bahwa banyak program inovatif yang telah dilaksanakan terkait dengan pengelolaan sampah di TPA Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo. " Dari kondisi fisik TPA Pati, memiliki keunggulan apabila dibandingkan dengan TPA kabupaten lainnya. Hal ini terbukti TPA Pati sering menjadi tempat studi banding dari daerah lain. Bukan kabupaten dari Pulau Jawa namun juga dari Luar Jawa, " jelas Purwadi, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kab. Pati.
Purwadi menambahkan salah satu inovasinya adalah bagaimana mengelola sampah buangan dari kota agar tidak semua masuk TPA.  Sehingga minimal 15-20% sampah dapat dikelola oleh kelompok tersentral agar beban TPA untuk menampung buangan sampah tidak terlalu besar. Pengelolaan yang dimaksud adalah dengan melakukan daur ulang sampah sehingga memiliki nilai jual.
sumber foto dan berita: admin
 

0 Komentar

    Tambah Komentar