Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Dokter Dan Bidan Aplikasikan Hasil Pelatihan Pemeriksaan Kanker Leher Rahim

(Pati, Margorejo) -Setelah mengikuti pelatihan sebagai upaya meningkatkan kompetensinya, para dokter dan bidan mengaplikasikan pemeriksaan kanker leher rahim menggunakan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Pengaplikasian methode tersebut, dilakukan jajaran tenaga kesehatan di Pati, dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun ini. Kanker leher rahim merupakan penyebab kematian kedua di dunia, setelah  penyakit jantung koroner. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, memasukkan pemeriksaan kanker rahim dengan methode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), menjadi bagian rangkaian kegiatan peringatan HKN tahun ini. Pemeriksaan itu, dipusatkan di lima kecamatan di masing-masing eks Kawedanan.
Kepala Puskesmas Margorejo, dr. Ardhian Sucahyati  Pati mengatakan, pemeriksaan kanker leher rahim yang merupakan bagian dari kegaitan peringatan HKN di Pati, sebagai upaya penyelamatan ibu masuk progam Millenium Developmen Goals (MDGs), yang menitik-beratkan  pada kesehatan ibu dan anak.   “Sehingga ini penyakit Ibu juga, agar bisa dideteksi dini untuk diperiksa. Kalau penyebabnya itu, dari ada kelainan sel, bukan dari luar. Memang kelainan selnya sendiri dari masing-masing pasien,” katanya.
Kepala Puskesmas Margorejo menuturkan, biasanya wanita berusia 40 tahun memiliki resiko tinggi, sehingga diperlukan pap smear rutin setahun sekali, atau 6 bulan sekali ketika sudah mulai ada radang. Namun dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap pasien yang dengan kesadarannya sendiri memeriksakan kesehatannya, di Puskesmas Margorejo belum ada yang terindikasi terkena penyakit kanker leher rahim.
“Setahu saya di Puskesmas Margorejo belum menemukan, kalau yang positif diwilayah mana, saya tidak tahu. Namun waktu pelatihan juga ada, cuma kan ditindaklajuti lagi, ini baru pemeriksaan awal, mestinya belum dipastikan kayak gitu,” terangnya.
Panitia Peringatan HKN Kabupaten Pati menggratiskan pemerikasaan kanker leher rahim kepada semua pasien. Hanya saja, ketika ada yang positif terkena kanker leher rahim, akan dikonsultasikan ke dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan)  di RSUD RAA Soewondo Pati.
sumber berita : http://www.pasfmpati.com/
photo/gambar : merawatorganfeminin.wordpress.com

0 Komentar

    Tambah Komentar