Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Ibu Hamil Dilarang Berangkat Haji


PEMERIKSAAN : Petugas sedang memeriksa kesehatan jamaah haji di Puskesmas Sukolilo I di Desa/Kecamatan Sukolilo kemarin.
 

SUKOLILO – Sejumlah persiapan dilakukan sebelum keberangkatan calon jamaah haji. Diantaranya dengan memberikan vaksin flu agar jamaah haji tahan terhadap serangan influenza saat di Tanah Suci nanti. Seperti yang terpantau di Puskesmas Sukolilo I. Sejumlah jamaah haji asal kecamatan tersebut melakukan cek kesehatan.

Seksi Haji Puskesmas Sukolilo I Puji mengatakan, bahwa ada pengecekan kesehatan bagi 73 calon jamaah haji se-Kecamatan Sukolilo. Tes kesehatan bagi mereka ini sudah berlangsung untuk yang kedua kali. ”Salah satu syarat orang bisa menunaikan haji itu istito’ah. Artinya fisiknya sehat dan mampu dalam menjalankan ibadah haji nanti,” ungkapnya kemarin.

Dijelaskan,  penyakit yang dikhawatirkan ialah golongan penyakit resiko tinggi seperti jantung dan gula. Sati itu calon semua calon haji tidak ada yang absen. Sementara, pada tahap kedua, yaitu pengecekan laborat lengkap. Dengan pengecekan seluruh anggota badan.

”Supaya semua jenis penyakitnya bisa terlihat. Selain itu, ada tensi dan ronsen bagi calon jamaah haji. Semua pelaksanaan cek kesehatan ini, sebenarnya sudah terjadwal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pati,” bebernya.

Dia menambahkan, bagi calon jamaah haji yang masih dalam kondisi subur diharapkan mau menandatangi surat pernyataan yang bermaterai. Isinya calon jamaah haji tersebut tidak boleh hamil. Sebab kalau terbukti bakal gagal berangkat ke Tanah Suci.

Sementara ini pihak puskesmas mengimbau, calon jamaah haji senantiasa menjaga kesehatannya sejak saat ini. Kalau ada penyakit berat seperti gangguan ginjal atau jantung, jamaah diwajibkan segera melakukan pengobatan ke rumah sakit atau dokter. ”Kami akan memberi rujukan kepada calon jamaah haji tersebut jika memang ada gangguan kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, calon jamaah haji diharapkan, selalu menjaga pola makan. Terutama makanan yang berlemak dan manis. Disarankan, mereka mau melakukan senam aerobik atau jalan sehat. Supaya ketika di Tanah Suci nanti keadaannya bisa sehat total dan mampu melaksanakan ibadah haji dengan lancar.

Tidak kalah penting, pihak puskesmas ini juga mengadakan konseling. Supaya para calon jamaah haji siap baik dari segi fisik dan mentalnya. Selain itu, ada pemberian obat vaksinasi infulensa kepada calon jamaah haji. ”Sebab saat ini kondisi cuaca seperti ini, kita mudah terserang pilek ataupun batuk,” pungkas Puji. (HP/FN/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar