Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Aplikasi Pelayanan Mempercepat Pengurusan Administrasi di PPP Bajomulyo


EFEKTIF : Seorang petugas PPP Bajomulyo sedang melayani nelayan untuk pengurusan perizinan.
 

JUWANA - Pengunaan aplikasi pelayanan untuk Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo membuat layanan lebih efektif dan efisien. Aplikasi tersebut, dirasa lebih memudahkan nelayan dan petugas. Mengingat, monitoring perkembangan kapal yang ada di Juwana lebih mudah dilakukan.

Staf di PPP Bajomulyo Ernowo SM Putra mengaku, keberadaan aplikasi mempermudah tugas petugas. Dengan aplikasi, dirasa mempercepat pengurusan administrasi dari segi waktu dan jumlah biaya. ”Kita sudah bisa memonitoring. Mulai dari keberangkatan dan kedatangan kapal yang ada di Juwana,” tuturnya.

Selain itu, aplikasi bisa digunakan untuk memonitoring jumlah produksi ikan jika kapal bersandar di Juwana. Aplikasi itu, juga menyingkat pengurusan berkas, yang biasanya dilakukan tiga hari menjadi satu jam. Dengan catatan, kapal ada di lokasi dan persyaratan sudah disiapkan.

”Jadinya posisi kapal sudah bisa benar-benar di cek dan tepat. Aplikasi ini bisa digunakan untuk meminimalisir human error. Dulu pernah terjadi kapal di sini tapi suratnya entah di mana. Nah dengan aplikasi ini sudah tidak akan terjadi lagi,” ujarnya.

Sejak mulai dioperasikan, hingga kemarin sudah ada 3.614 data yang terinput. Dengan sistem aplikasi ini Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) tiap kapal tercatat. Sehingga tak hanya monitor kebarangkatan dan kedatangan kapal tetapi bisa memantau track record perizinan kapal.

”Bagi saya sebagai analis, dengan adanya aplikasi lebih mudah dan terbantu. Kita bisa memonitor track record semuanya tentang kapalnya bahkan berapa produksi dari kapal. Nah ini bisa memudahkan jika ada investor yang datang untuk melihat potensi di pelabuhan Juwana,” ujarnya.

Kelebihannya lagi, sistem aplikasi sudah bisa digunakan untuk memonitor jenis ikan dan produksinya. Sehingga bisa digunakan memetakan potensi di pelabuhan Juwana. ”Suatu hari kita bisa menjawab jika ada investor yang bertanya tentang potensi ikan di Juwana dan up to date. Nah ini kesempatan yang bagus,” ucapnya. (HP/HP/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar