Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Cegah Pencurian Ikan di Tambak, Pemdes Pasang Penerangan


PENERANGAN : Beberapa jalan di Desa Asempapan, Trangkil menuju tambak dipasang lampu.
 

TRANGKIL – Pencurian ikan di beberapa tambak di Wilayah Trangkil cukup meresahkan warga. Guna mengantisipasi hal tersebut, sejumlah upaya pun dilakukan. Salah satunya adalah dengan pemasangan lampu penerangan jalan.

Ragil Sukarno, kepala Desa Asempapan mengaku, sudah memasangi lampu penerangan di beberapa titik jalan menuju tambak warganya. Pemberian lampu jalan diharapkan mampu menekan tingkat pencurian ikan di wilayahnya.

”Pemasangan dilakukan sebagai bentuk antisipasi. Karena dulu memang sering terjadi pencurian ikan di tambak. Namun saat ini sudah berkurang. Kasihan petani tambak kan jika dicuri terus,” ujarnya.   

Menurutnya, pemasangan lampu jalan atas desakan para pemilik tambak. Diharapkan, dengan lampu penerangan, secara psikologis akan membuat para pencuri ikan berpikir dua kali untuk melakukan aksinya. “Cukup menekan tindakan pencurian saat malam hari. Karena memang tidak ada penjagaan secara khusus saat malam,” ungkapnya.

Selain lewat pemasangan lampu, pihak desa juga sering lakukan koordinasi dengan pihak kepolisian. Patroli yang dilakukan oleh aparat keamanan dari polsek setempat diharapkan mampu memberikan rasa aman. ”Sudah ada koordinasi. Memang terkendala dari luasnya lahan tetapi minimnya personil,” ucapnya.

Tak hanya untuk antisipasi pencurian, pemberian lampu jalan diupayakan sebagai bentuk pengembangan infrastruktur desa. Dan ini akan dilakukan secara bertahap. ”Pemberian lampu sebagai bentuk pembangunan awal. Harapannya nanti jalan di tambak juga bisa lebih baik daripada yang sekarang,” ungkapnya.

Dikatakan, pemasangan tiang dan lampu jalan sudah dilaksanakan sejak 2015. Hingga kini, sudah ada 13 titik yang terpasang. Pihaknya berencana akan terus menambah hingga ujung tambak. ”Kita mau tambah sampai ujung pantai paling timur yang berbatasan dengan laut,” paparnya. (fn/FN/MK)
 

0 Komentar

    Tambah Komentar