Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Pelatihan dan Sertifikasi Nasional Berbasis Standard Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) Bidang Informatika di Pati

safin5

Selama 4 (empat) hari yaitu mulai hari Selasa sampai hari Kamis tanggal 12-15 September 2017, sebanyak 75 orang angkatan kerja muda yang berlatar belakang pendidikan SMK, dan D3, dan D4/Sarjana jurusan Grafika/Desain Grafis atau Multimedia mendapat kesempatan dari Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengikuti Sertifikasi Nasional berbasis SKKNI bidang komunikasi. Kegiatan sertifikasi ini dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan (Pusbang) Literasi dan Profesi (Pusbang Litprof) SDM Komunikasi bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) TIK Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Safin Jl. Pangeran Diponegoro No.229, Pati Lor, Kec. Pati, Kabupaten Pati.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Komunikasi; Prof. Dr. Gati Gayatri, MA., Dalam sambutannya, Prof. Gati Gayatri menyampaikan bahwa “program sertifikasi angkatan kerja muda merupakan salah satu program prioritas Kementerian Kominfo dalam bidang pengembangan SDM guna mendukug program pemerintah yaitu percepatan sertifikasi tenaga kerja di Indonesia”. Terkait dengan hal tersebut, Prof. Gati Gayatri menyampaikan “pentingnya sertifikasi Nasional bagi angkatan kerja muda Indonesia guna mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang penuh persaingan. Oleh karena itu, salah satu aspek penting yang perlu disiapkan oleh bangsa ini adalah SDM yang memiliki daya saing dan dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat kompetensi yang berstandar nasional”.
safin3

Wakil Bupati Pati H. Saiful Arifin dalam sambutannya menyampaikan bahwa seiring dengan pesatnya pertumbuhan dunia periklanan, kehumasan, penyiaran, dan distribusi konten komunikasi via media sosial, kebutuhan akan tenaga kerja di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin mengalami peningkatan yang signifikan di tiap tahunnya. Di negara-negara maju, bidang komunikasi khususnya industri konten telah menjadi profesi yang sangat bergengsi dan terus berkembang  secara pesat.Diharapkan semua peserta bisa mengikuti program tersebut untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja muda Indonesia dengan menyelenggarakan kegiatan sertifikasi kompetensi bidang komunikasi bagi angkatan kerja muda secara antusias.

Tujuan dilaksanakannya pelatihan dan sertifikasi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang informatika untuk meningkatkan kompetensi SDM bidang informatika di dunia industri informatika nasional pada khususnya, dan untuk bersaing di dunia internasional pada umumnya.

Manfaat bagi para peserta mendapatkan keahlian dibidangnya melalui uji kompetensi (sertifikasi). Kegiatan fasilitasi sertifikasi nasional diselenggarakan dalam bentuk pemberian materi pengantar sebagai bahan penyegaran kembali terhadap topik yang akan diujikan, dan kemudian dilanjutkan dengan ujian sertifikasi.

Angkatan kerja muda bidang Informatika yang akan ikut serta dalam pelatihan dan sertifikasi sebanyak 75 orang dengan kualitas minimal lulusan D1, D2 dan D3 yang saat ini belum bekerja dan tidak sedang melanjutkan pendidikan.

  1. Lulusan SMK: Nilai Akhir rata-rata minimal 70 dari skala 100 (Baik)
  2. Lulusan D1/D2/D3: Index Prestasi Kumulatif ( IPK ) 3.00 dari  skala 4.00 (Baik)

0 Komentar

    Tambah Komentar