Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Kembangkan Industri Peternakan, Safin Harapkan Dispertan Lakukan Hal Ini

Wakil Bupati Saiful Arifin menghimbau kepada seluruh jajaran Dinas Pertanian untuk memberdayakan masyarakat melalui industri peternakan berbasis kemasyarakatan. Pria yang dikenal dengan Safin ini mengungkapkan, peternakan di masa sekarang ini menjadi bagian penting dari ketahanan pangan dan juga energi.

Hal tersebut diungkapkannya saat memimpin Rapat Koordinasi Dinas Pertanian hari ini (9/1) di aula kantor Dispertan. Dengan peserta rapat dihadiri jajaran pimpinan Dispertan, penyuluh lapangan, Petugas IB dan dokter hewan tersebut membahas program kegiatan tahun 2018.

Dalam rapat tersebut, salah satunya mengurai tentang pemanfaatan kotoran hewan ternak yang dapat menghasilkan energi. Seperti kotoran padat dan cair yang dihasilkan dari kotoran ternak, dapat menghasilkan energi dalam bentuk gas maupun pupuk. "Hal itu tentu sangat bisa menopang produksi pertanian, ada simbiosis antara peternak dengan kelompok tani," cetus Safin.

Besarnya potensi peternakan yang ada di Kabupaten Pati, Safin menangkap peluang untuk menjawab kurangnya suplai daging di pasaran. Wabup pun meminta kepada jajaran Dispertan dari dokter hewan, penyuluh petugas IB (inseminasi buatan) untuk memberikan stimulan berupa pendampingan kepada masyarakat kedepannya dalam merintis ternak.

"Dengan adanya stimulan ini, kami tentu berharap masyarakat dapat terus mengembangkan industri peternakan berbasis kemasyarakatan untuk mencapai kesejahteraan," pungkasnya. (Po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar