Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

5 Desa Ngehits Ini, Jadi Rintisan Desa Wisata di Kabupaten Pati

Geliat perkembangan wisata di Kabupaten Pati, akhirnya berbuah manis. Saat ini, ada lima desa di Kabupaten Pati, yang akan menjadi rintisan desa wisata. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sigit Hartoko saat paparan dalam acara Peningkatan Kualitas Wisata Alam dan Wisata Kuliner di Kabupaten Pati (22/2), yang bertempat di Hotel Safin.

Kelima rintisan desa wisata itu diantaranya desa Gunungsari Tlogowungu dengan wisata hutan pinusnya, desa Sitiluhur Gembong dengan wisata Gunung Rowo, desa Duren Sawit Kayen dengan wisata bukit pandang. "Kemudian ada desa Jimbaran Kayen dengan wisata Goa Pancur serta desa Bageng gembong dengan wisata jeruk pamelonya," urai Sigit.

Dihadapan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Regional II area IV Kementerian Pariwisata Edy Susilo, Sigit menjelaskan beberapa tahun lalu desa Talun Kayen telah menjadi desa wisata dengan diresmikan oleh Gubernur Bibit Waluyo saat itu. "Desa Talun terkenal dengan 1000 kolam itu, dinilai cukup unik dan menarik. Demikian dengan lima desa rintisan ini, masing- masing punya keunikan sehingga perlu dikembangkan," jelas kepala Disporapar yang khas dengan rambut putihnya.

Pada prinsipnya rintisan desa wisata, menurut Sigit ada beberapa hal yang mesti dimiliki desa tersebut. Diantaranya arus mempunyai kekhasan tertentu, unik dan ada faktor pembeda dengan desa wisata yg lain. Disamping itu harus ada atraksi dan kelompok sadar wisata serta kemauan yang besar dari masyarakat sekitar sehingga bisa tercipta desa wisata.

"Konsep desa wisata bisa datang dari keinginan desa setempat atau top down dari Pemkab untuk mendorong terciptanya desa wisata di kabupaten Pati," pungkasnya. (Po1/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar