Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Bupati Ajak Guru Pelajari Ilmu Hukum, Ini Penyebabnya

Maraknya masalah hukum yang menimpa beberapa guru saat menjalankan tugasnya sebagai pengajar, rupanya menjadikan keprihatinan bagi Bupati Pati Haryanto. Saat pembukaan Seminar Perlindungan Hukum Bagi Profesi Guru, pada Rabu (9/5), ia mengungkapkan pentingnya seluruh profesi guru untuk memahami ilmu hukum, untuk keamanan dan kenyamanan para guru dalam melaksanakan tugas dan perannya. "Karena guru dasarnya bukanlah praktisi hukum, maka seminar ini sangat relevan dan penting tidak hanya untuk meningkatkan wawasan namun juga profesionalisme," ujar Bupati.

Dihadapan para guru peserta seminar ini, Bupati menghimbau agar guru di Kabupaten Pati memiliki pengetahuan dan kesadaran hukum. "Sangatlah penting bagi para guru untuk memiliki pengetahuan tentang hukum. Sehingga ketika menjalankan tugas dan perannya dapat mengetahui akan hak dan batasannya," jelasnya.

Ketika disinggung tentang hak bagi guru yang mengalami kasus hukum saat menjalankan tugas, ia pun menegaskan akan memberikan bantuan berupa pendampingan. "Untuk pendampingan hukum tetap akan kami berikan. Selain dari  pendampingan hukum dari PGRI sendiri," tegas Haryanto.

Pada seminar sehari ini, pihak panitia mengundang narasumber yang berkompeten dibidang hukum. Diantaranya Kasat Reskrim Polres Pati Ari Sulistiawan, dari Dosen Ilmu Hukum Untag Semarang, Agus widodo dan Praktisi Hukum Sapto Hudoyo.

Di kesempatan yang sama Warijan Ketua PGRI Kabupaten Pati mengharapkan orang tua siswa, memperhatikan pendidikan di lingkungan keluarga. Tak hanya itu, ia juga menekankan pentingnya pendidikan karakter akan membentuk kepribadian anak.

Ketika ada permasalahan antara siswa dan guru, ia menghimbau agar masalah itu diselesaikan di internal sekolah, mendatangkan guru, wali murid ataupun kepala sekolah. Warijan pun menjelaskan, jika ada ketidakpuasan antara wali murid dan pihak sekolah, maka kasus tersebut dapat dibawa ke PGRI.

"Kita mempunyai DKGI yaitu Dewan Kehormatan Guru Indonesia yang tugasnya di antaranya menyelesaikan permasalahan antara murid dan guru," tambah Warijan. Ketua PGRI Kabupaten Pati itu, mengajak para guru peserta seminar untuk mengikuti seminar tentang hukum ini dengan seksama. "Agar pendidikan kita bisa berjalan baik, karena bagaimanapun juga untuk menciptakan generasi harapan bangsa melalui pendidikan," pungkasnya. (po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar