Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Pasokan Darah Menipis, PMI Pati Berlakukan Sistem Tukar Darah

Masih sulitnya untuk mencukupi pasokan darah di Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Pati, petugas PMI akhirnya memberlakukan sistem tukar darah guna menanggulangi stok darah yang semakin menipis.

Safaa"ti, Humas Unit Transfusi Darah PMI mengungkapkan, kondisi stok darah semakin menipis sejak mendekati Hari Raya atau akhir Ramadhan. Sementara itu permintaan darah dari pasien terus meningkat pasca lebaran hingga saat ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, hingga hari Jum"at kemarin (29/6), stok darah yang tersedia di bank darah antara lain untuk golongan darah A sebanyak 17 kantung, golongan darah B sebanyak 28 kantung.

"Sementara itu, untuk golongan darah O terdapat 32 kantung. Sedangkan golongan darah AB hanya 6 kantung, dengan jumlah tersebut ada beberapa kantung darah milik pasien yang belum diambil, imbuhnya.

Untuk mengatasi kekurangan stok darah itu, PMI pun menyiasatinya dengan memberlakukan sistem tukar darah. Safa"ati menjelaskan, pemberlakuan sistem ini dimana setiap pasien yang membutuhkan darah diminta menyiapkan dua pendonor darah, baik itu dari pihak keluarga ataupun kerabat yang siap mendonorkan darahnya. Kendati golongan darah yang disumbangkan itu berbeda dengan yang dibutuhkan atau yang diambil dari PMI.

"Namun sistem tukar darah ini pemberlakuannya hanya dilakukan sepekan terakhir ini. Setelah itu PMI mulai kembali aktif menghimpun darah kembali," pungkas humas PMI Unit Transfusi Darah itu. (po4/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar