Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Rajin Lari Pagi, Begini Hasil Tes Kebugaran Bupati Pati

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 tahun 2018 dengan tema "Aku Cinta Sehat "dengan sub tema "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita" berlangsung Rabu (28/11) bertempat di halaman rumah dinas eks Bakorwil Pati. Turut hadir Bupati Pati, Wakil Bupati, Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Forkopimda Pati, OPD dan ketua TP PKK Pati.

Bupati Pati Haryanto memberikan apresiasi kepada seluruh hadirin yang telah bersedia meluangkan waktu untuk senam bersama dan tes kebugaran dengan metode rockport. Metode untuk mengetahui kesehatan jantung dan paru ini, diawali dengan lari sejauh 1,6 KM atau lima putaran yang dilanjutkan pengecekan kebugaran organisasi jantung dan paru.

Bupati antusias menjadi peserta tes kebugaran, dengan diawali lari keliling Bakorwil. Kemudian, ia menjalani rangkaian tes untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru- paru berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur. Hasilnya, kepala daerah yang biasa melakukan olahraga lari ini dinyatakan sehat jantung dan paru.

Usai menjalani tes kebugaran, Bupati menyampaikan keprihatinannya atas jumlah penderita penyakit dalam yang terus meningkat.

"Seperti yang kita ketahui bersama saat ini kasus- kasus penyakit diabetes mellitus, hipertensi, jantung dan penyakit gangguan peredaran darah lainnya jumlahnya semakin meningkat," ungkapnya.

Bupati berharap, melalui Peringatan HKN ini menjadi langkah awal untuk lebih peduli pada kondisi kesehatan masing-masing. "Karena bagaimanapun kesehatan merupakan investasi kita untuk hidup lebih produktif yang pada akhirnya nanti akan menunjang kinerja kita dalam melayani masyarakat," tuturnya.

Suami Musus Indarnani itu menyambut baik dan mendukung sepenuhnya acara yang diselenggarakan oleh Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Pati. Melalui kegiatan pengukuran kebugaran, Bupati berharap masyarakat tidak berhenti memeriksakan kondisi pada tahapan ini saja. "Tetapi perlu dilakukan secara periodik sehingga dapat diikuti riwayat kesehatan kita masing-masing,"

Ketua panitia Ismuharti mengatakan tugas pokok fungsi  Balkesmas Pati adalah sebagai institusi yang bertanggung jawab upaya pencegahan dan promosi kesehatan masyarakat. "Berharap kegiatan pada hari ini sebagai titik awal bagi kita untuk bisa peduli kepada kondisi kesehatan kita dan perlu melakukan cek secara rutin," pungkasnya. (po3/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar