Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

38.302 Siswa Bakal Ikuti UN SD-SMP 2019

Bupati Pati Haryanto hari ini menghadiri Sosialisasi Penyelenggaraan Ujian Sekolah Untuk Madrasah Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Kesetaraan Program Paket A dan Ujian Nasional pada Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah, Pendidikan Kesetaraan Program Paket B, Program Paket C, Tahun Ajaran 2018/2019, di Gedung PGRI Kabupaten Pati.

Diadakannya sosialisasi ini sendiri tak lain, agar panitia dapat memahami Prosedur Operasional Standar (POS) yang dikeluarkan pemerintah, baik POS UN atau USBN sehingga masing-masing penyelenggara dapat melaksanakan dengan sebaik baiknya karena telah diberikan bekal yang cukup oleh narasumber.

Tak kurang sebanyak 367 peserta yang terdiri dari, Ketua Dewan Pendidikan, Ketua PGRI, Korwilcam, Kepala SMP Negeri dan Swasta, Kepala MTS Negeri dan Swasta, Pengawas SD dan SMP, Ketua PKBM, Penilik Sekolah dan Kepala Pondok Pesantren turut hadir dalam kegiatan ini.

Menurut Kepala Disdikbud Kabupaten Pati Winarto, pada tahun ajaran 2018/2019 ini, ujian nasional akan diikuti oleh 38.302 siswa, yang terdiri dari SD/MI sebanyak 19.181 siswa, SMP/MTs sejumlah 18.357 siswa, serta paket A,B,C sebanyak 764 siswa, yang tersebar di 1134 lembaga di Kabupaten Pati.

Dalam sosialisasi ini Bupati Pati Haryanto menuturkan bahwa sosialisasi pada pagi hari ini sempat tertunda. "Mestinya sudah pada minggu lalu. Namun, karena kebetulan bersamaan dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bisa kita tinggal kan, jadi ya diundur hingga hari ini", terang Haryanto.

Bupati juga mengingatkan, Ujian Nasional dan USBN merupakan agenda rutin tahunan yang harus dipersiapkan dengan baik. "Tentunya masing-masing sekolah, juga sudah mempersiapkan sekalipun bukan menjadi syarat  kelulusan, akan tetapi paling tidak untuk mengetahui sampai sejauh mana kualitas dari pada pendidikan yang ada di Kabupaten Pati ", ungkapnya.

Dengan adanya ujian sekolah berstandar nasional pada madrasah dan ujian nasional di pendidikan umum, Bupati berharap agar minat anak-anak didik dapat diketahui serta semangat bapak ibu guru juga kian meningkat dan tidak menurun", terangnya.

Ia pun meyakini koordinator wilayah satuan pendidikan baik dari kepala sekolah, pengawas, penilai, pondok pesantren dan lainnya tentu sudah mempersiapkan agenda rutin tahunan ini. "Semoga hasil tahun ini lebih baik dari tahun kemarin, sehingga dapat menunjukan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Pati", imbuh Haryanto. Bila kualitas pendidikan semakin meningkat, menurut Bupati, maka otomatis SDM di Kabupaten Pati juga berkualitas baik.

Kepala Disdikbud Kabupaten Pati Winarto menambahkan bahwa pihaknya berharap agar kegiatan ini bisa diikuti seluruh pihak yang terkait dengan ujian nasional, agar  perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan dapat terlaksana dan selalu mengarah pada POS yang telah dibuat oleh BSNP. "Sehingga dengan arah penyelenggaraan yang baik, kita harapkan bisa menopang prestasi yang baik pula dari anak-anak didik kita di Kabupaten Pati" tutup nya. (fn4 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar