Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Peringati Harlah Pancasila, Peserta Upacara Meluber Hingga Luar Pagar

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan di halaman Setda Kabupaten Pati pada Sabtu 1 Juni 2019. Bupati Pati Haryanto menjadi inspektur upacara yang diikuti Wakil Bupati Sekda, Forkopimda, Kepala OPD dan peserta upacara dari kalangan ASN serta ormas Pemuda Pancasila.

Kendati tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional serta memasuki waktu cuti bersama Idul Fitri, namun tak menyurutkan semangat para peserta upacara. Mereka memadati halaman Setda Pati, hingga meluber ke luar pagar kantor. Bahkan terlihat puluhan ASN di luar Pemkab Pati yang turut bergabung, mengingat upacara ini wajib diikuti oleh seluruh ASN meskipun mereka di kampung halaman dan tidak bisa mengikuti upacara di instansi asal.

Selaku Inspektur Upacara, Bupati membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan satu anugrah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

"Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yg ada dapat dirajut menjadi indentitas nasional dalam wadah dan slogan Bhineka tunggal ika," lanjutnya.

Peringatan hari lahir pancasila 1 Juni merupakan satu keniscayaan untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai nilai fundamental bangsa indonesia sebagai dasr negara sehingga nusantara yang beragam dapat bersatu sebagai satu bangsa.

"Dengan merayakan hari pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tambahnya.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati menyempatkan diri berfoto dengan para peserta upacara. Demikian pula dengan ASN dari luar Pemkab Pati, memanfaatkan momen ini untuk berfoto bersama Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Pati. (po2/PO/MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar