Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

BUPATI : WAYANG TIDAK HANYA SEBAGAI TONTONAN

wayang3
 

Dalam Rangka memperingati HUT RI Ke – 74 dan HUT Kabupaten Pati ke-696 Pemkab Pati gelar acara nonton wayang kulit dengan lakon Banjaran Bimo oleh Dalang Bayu Aji Pamungkas yang diselenggarakan di halaman pendopo Kabupaten Pati.

Bupati Pati, Haryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa acara wayang ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 dan HUT Kabupaten Pati ke-696.

"Berkat dukungan dan dorongan dari Pemerintah, masyarakat dan sesepuh pinisepuh acara yang dimulai dari boyongan bisa berjalan dengan lancar dan seluruh masyarakat bisa terhibur"ujarnya.

Acara wayang kulit ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan sekaligus mempromosikan budaya di Kabupaten Pati juga tak luput membedah cerita seputar Pati.


Tak hanya itu, hiburan yang disuguhkan kepada masyarakat dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 dan HUT Kabupaten Pati ke 696  tidak hanya hari ini, tapi pemerintah sudah memulai acara dari awal bulan agustus. Namun acara kali ini sengaja disuguhkan untuk menghibur masyarakat di halaman pendopo.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan bahwa dipilihnya Wayang sebagai pagelaran dalam peringatan HUT RI dan Kabupaten Pati karena wayang tidak hanya sebagai tontonan namun banyak sekali tuntutan yang bisa diambil di dalamnya sekaligus sebagai budaya yang harus dilestarikan.

"Budaya wayang kulit ini harus diuri-uri,jadi kalau tidak diteruskan kita tidak menghormati sejarah",urai bupati.

Oleh karena itu pemerintah mengambil tema hari jadi Pati ini yaitu Nyawiji Mbangun Pati Kang Mukti yang artinya bersama-sama membangun Pati yang sejahtera yang tujuannya untuk  seluruh masyarakat.

Diakhir sambutannya Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat bahwasannya masih ada rangkaian kegiatan lain dalam rangka memperingati hari jadi Pati.

Dalam acara tersebut dihadiri Forkopimda, Sekda Suharyono , Seluruh Pejabat OPD Kabupaten Pati, Kepala Bank Jateng Ibnu Widyantoro, Camat Se-Kabupaten Pati, serta masyarakat umum yang antusis menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan lakon “ Banjaran Bimo”.

 

0 Komentar

    Tambah Komentar