Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Hadiri Peringatan HKG PKK, Bupati Ingatkan Urgensi 10 Program Pokok PKK

Bupati Pati Haryanto hari ini menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 di Pendopo Kabupaten Pati. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Sekda, para Kepala OPD, Ketua Persit, dan Bhayangkari.

Dalam sambutannya, Bupati Pati Haryanto mengingatkan urgensi  10 program PKK dalam mendukung program pemerintah. Baginya, mewujudkan 10 program PKK bukan semata keinginan. Lebih dari itu, menurut Bupati, itu merupakan kebutuhan.

"10 program PKK bukan merupakan suatu keinginan lagi kalau menurut saya. Melainkan sudah menjadi suatu kebutuhan. Selain itu juga relevan terhadap program-program yang ada di masyarakat. Kemajuan teknologi yang ada saat ini tidak berarti menghambat 10 program pokok yang telah lama dibuat itu," ungkapnya.

Bagi Haryanto, berkat kinerja TP PKK, 10 program pokok PKK telah terbukti banyak diamalkan di tengah masyarakat.

"Di antaranya baru saja kita kemarin memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Kita memang tidak bisa melupakan bahwa Pancasila merupakan dasar negara kita. Pengamalan dan Penghayatan Pancasila itu ada pada poin pertama program pokok PKK," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, mengenai gotong-royong, keguyubrukunan masyarakat adalah hasil dari semangat gotong royong yang diusung PKK. "Kemudian juga pangan, sandang, dan perumahan. PKK berada di garda depan dalam pemenuhan hal ini," ucapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Pati Ny Musus Indarnani Haryanto ketika membacakan sambutan Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti menyampaikan  bahwa sebagai mitra kerja pemerintah, Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung kebijakan program pemerintah.

Terlebih, pemerintah telah memberi penghormatan dan kepercayaan tinggi terhadap Tim Penggerak PKK dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan PKK.

"Dengan kepercayaan yang begitu besar dari pemerintah terhadap PKK, hendaknya menjadi pemacu dan pemicu semangat dan jiwa kerelawanan kita sebagai unsur keluarga besar PKK. Hal ini selaras dengan tema HKG PKK kali ini, yakni Tingkatkan Kinerja Gerak PKK Selaras dengan Program Pemerintah", ujar istri Bupati Pati Haryanto ini.

Pada kesempatan tersebut, Ny Musus Haryanto juga menyampaikan dua hal pokok berkaitan dengan tema HKG PKK ke-47.

"Pertama, tingkatkan terus fungsi PKK dengan bakti dan karya nyata serta bekerja tanpa pamrih. Kedua, tingkatkan daya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selaras dengan garis kebijakan program pemerintah. Dan semua itu harus dicapai melalui karsa, inisiatif, dan ketekunan," ucapnya. (fn2 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar