Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Tak Andalkan Dana Desa, Safin Harapkan Cakades Terpilih Untuk Bangun Jaringan

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin  hari ini memberikan materi kepemimpinan dalam Diklat Cakades Gelombang Kedua di Hotel New Merdeka. Dalam Diklat yang diikuti 56 Cakades itu, Safin menyampaikan bahwa uang tidak didapat hanya dari anggaran dana desa saja.

"Melainkan bagaimana semua unsur bisa mengembangkan potensi desa yang ada. Selain itu juga tidak menutup kemungkinan  membuka investasi. Ya bagaimana pandai pandainya kita membangun jaringan", ujarnya.

Menurut Wabup, Kabupaten Pati dengan jumlah desa yang banyak dan dengan segala potensinya butuh edukasi yang baik. "Yang jelas, kuncinya pembangunan itu semuanya berawal dari desa", lanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa semua bisa dilakukan selama ada niatan yang baik. "Hal ini tentu saja semata - mata demi sebuah kontribusi dalam rangka membangun desa", tutur Wabup.

Safin pun menilai banyak sekali potensi - potensi di desa yang dapat dikembangkan. Untuk itu ia menghimbau semua unsur agar dapat berkolaborasi, karena pembangunan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri.

"Kita bisa kembangkan potensi Pati mulai dari potensi perikanannya, peternakannya, pertaniannya dan seterusnya. Dan jangan lupakan untuk selalu berkomunikasi dengan para anak muda", harap Wabup.

Ia menginginkan agar anak muda dibimbing, diarahkan dan diberi ruang untuk membantu pembangunan desa. "Kita dapat manfaatkan para pemuda untuk pengembangan bidang sosial kemasyarakatan dan perekonomian desa", lanjutnya.

Oleh karena itu, imbuhnya, desa diharapkan dapat mendorong pemuda yang tergabung di Karangtaruna guna berkontribusi untuk desa.

"Harapanya adalah agar pemuda dapat memperkuat manajemen organisasi guna memajukan desa. Wujudnya bisa lewat peran pemuda dalam membantu kinerja Kades beserta jajarannya", pungkasnya. (fn2 /FN /MK)

0 Komentar

    Tambah Komentar