Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Wujudkan Satu Data, Diskominfo Sosialisasi Satu Data Indonesia Kabupaten Pati

satu data

“Tumpang tindih Data sudah menjadi kisah klasik di negeri kita, karena penyebabnya antara lain referensi pengumpulan data yang berbeda-beda. Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Kabupaten Pati harus kita ikuti dan untuk merealisasikannya memang diperlukan upaya yang sangat luar biasa. Tapi dengan semua unsur OPD bersatu padu dan bersinergi pasti bisa kita lakukan untuk Pati yang lebih modern, terorganisir dan tertata kelola.” Ucap Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Endah Murwaningrum, pada saat Rakor Pra Forum Satu Data Indonesia Kabupaten Pati yang dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah se Kabupaten Pati dan beberapa Instansi Vertikal, Selasa (25/01/2022) di Ruang Media Center Diskominfo Pati.

Endah juga menambahkan, bahwa kita perlu terus menggaungkan peran OPD dalam penyelenggaraan statistik sektoral, sehingga semua akan berjalan sesuai dengan peran masing-masing. Misalnya, OPD dan Kecamatan akan menjadi produsen data sesuai dengan tugas dan fungsinya. Bappeda sebagai koordinator daerah. Selanjutnya, Diskominfo adalah walidata yang akan menjalankan peran dan fungsinya dan BPS sebagai Intansi Vertikal terus berupaya melakukan pembinaan statistik sektoral.

Setelah Rakor Pra Forum Satu Data Indonesia, acara dilanjutkan dengan Koordinasi penyusunan buku Data Statistik Sektoral Tahun 2022, di Tahun 2022 ada beberapa revisi karena SOTK terbaru, misal beberapa data yang ada di DPU TR, sekarang sudah berubah di Dishub atau DLH. Koordinasi tiap OPD dipandu oleh Kasi Pengelolaan Data Statistik Sektoral, Farida Rahmawati dan diadakan sesi tanya jawab.

Untuk diketahui, Penandatanganan Komitmen bersama Satu Data Indonesia Kab. Pati telah dilaksanakan di Ruang Peringgitan, Pendopo Kab. Pati. Senin 6 desember 2021. Selain Bupati, acara juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekda, Kepala BPS Pati, Asisten dan Kepala OPD, serta camat se Kabupaten Pati.

 

0 Komentar

    Tambah Komentar