Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Pentingnya Pengelolaan Data Dalam Mendukung SDI

satu data diskominfo 1

Mendukung penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI)Kabupaten Pati, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati menyelenggaran kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Daerah guna peningkatan mutu statistik daerah yang terintegrasi. Kegiatan tersebut diikuti seluruh produsen data se Kabupaten Pati berlangsung di Aula Diskominfo pada Senin (20/11)/2023).
Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan  Komunikasi Publik, Ida Istiani menyampaikan pentingnya pengelolaan data pada tiap-tiap instansi pemerintah. Karenanya, penting dilakukan pembinaan terhadap produsen data agar dapat memberikan informasi yang akurat dan kredibel. Terlebih, kata Ida, selain aspek regulasi, perlu pemenuhan SDM, peningkatan kapasitas dan kualitas SDM di tingkat daerah untuk melaksanakan sistem pengelolaan data tersebut.
"Peran SDM dalam penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Kabupaten Pati sangat penting, karena untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir dan terintegrasi diperlukan pengelolaan data yang baik.”jelasnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perangkat daerah selaku produsen data harus benar-benar memahami mulai dari perencanaan data, pengumpulan data, pemeriksaan data sampai penyebarluasan data.
Sementara itu,  narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati, Sri Rejeki, dalam paparannya  menyampaikan terkait dasar-dasar statistik dan penyajian data.
“Penyajian data yang benar dan menarik bertujuan untuk memaksimalkan publikasi data agar lebih baik dan maksimal.” ungkap Sri Rejeki.
Setelah adanya pembinaan ini, Sri berharap kepada setiap peserta dapat memahami dan menerapkan metode statistik  yang tepat pada unit kerja masing-masing.  
“Sehingga dengan demikian dapat menyajikan data yang akurat dan sangat penting dalam menentukan arah kebijakan perangkat daerah. Disamping untuk meningkatkan kinerja di instansi masing-masing.” tandas Sri.

0 Komentar

    Tambah Komentar