Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Peringati Hakordia, Pemkab Galakkan Sosialisasi Sekolah Berintegritas dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

hakordia 2024 1

Bertempat di GOR Pesantenan Kabupaten Pati, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Rabu (6/12), menghadiri peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur KPK RI secara daring, Seluruh Forkopimda, Inspektur Daerah, para Kepala OPD, Kepala Kantor Kemenag, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jateng, Ketua Komunitas Penyuluh Antikorupsi (Kompak) Jawa Tengah, serta Kepala SD dan SMP se-Kabupaten Pati.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada inspektorat Kabupaten Pati yang telah menyelanggarakan acara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023.

"Peringatan Hakordia tahun ini yang mengangkat tema Sinergi Berantas Korupsi Untuk Indonesia Maju harus dapat kita internalisasikan dalam pelaksanaan tugas pokok fungsi yang diemban sehingga tercipta kesamaan gerak dan komitmen dalam penerapan nilai-nilai integritas dan profesionalisme", terangnya.

Sosialisasi Sekolah Berintegritas dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, imbuh Henggar, dapat berkontribusi untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bebas KKN serta meningkatkan kualitas pelayanan publik yang semakin optimal baik di tingkat OPD maupun tingkat sekolah.

"Saya berpesan agar OPD yang ditunjuk menjadi Zona Integritas, maupun Sekolah yang ditunjuk sebagai Sekolah Berintegritas menyiapkan dengan sebaik mungkin agar mampu mengemban amanah dalam mewujudkan terciptanya Reformasi Birokrasi di Kabupaten Pati," tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih dan akuntabel, semua dimulai saat ini.

"Kita semua, sekarang harus memulai tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel. Jangan sampai ke depannya muncul masalah-masalah, selain itu saya juga berharap agar anak-anak yang masih di bangku sekolah agar diberi bekal, supaya memiliki pemahaman yang lebih komplit," tegasnya.

Dengan penerapan nilai integritas semenjak dini di sekolah, lanjut Henggar, diharapkan nantinya dapat terbentuk karakter anak-anak muda yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran sehingga kelak akan mencetak generasi-generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Sementara itu, Inspektur Daerah Kabupaten Pati dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa sinergi berantas korupsi untuk Indonesia maju ini juga dimeriahkan dengan lomba video pendek untuk SD, SMP, dan SMA yang sekaligus juga untuk mengkampanyekan anti korupsi.

"Dalam acara HUT Anti Korupsi Tahun 2023 ini juga dilakukan penyerahan video pendek, penandatangan pencanangan Pembangunan Zona Integritas yang terdiri dari 21 OPD dan 4 UPTD Puskesmas. Kemudian, untuk sekolah berintegritas, terdiri atas 21 SD perwakilan setiap kecamatan dan 5 SMP dari perwakilan tiap ekskawedanan", pungkasnya. (fn /AP)

0 Komentar

    Tambah Komentar