Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Bunda PAUD : Anak Harus Diberikan Hak untuk Bermain dan Berinteraksi dengan Lingkungan

drumband nu 1

Dalam rangka Harlah Muslimat NU ke-78, Bunda PAUD Kabupaten Pati Faisa Henggar, Minggu (3/3), menghadiri festival drum band Taman Kanak-Kanak - Raudhatul Atfhal (TK-RA) Yayasan Pendidikan Muslimat NU Kabupaten Pati.

Kegiatan yang diikuti oleh 24 peserta grup drum band TK-RA se-Kabupaten Pati tersebut dilaksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Pesantenan Pati.

Bunda PAUD Kabupaten Pati Faisa Henggar berpesan agar para orang tua senantiasa mendampingi putra putrinya dalam bermain, mengingat pada usia PAUD sekarang ini anak-anak harus diberikan hak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman dan lingkungan.

"Untuk itu kita harus memenuhi hak-hak anak kita, yaitu hak untuk bermain bukan belajar. Jadi pada transisi SD PAUD ini ada beberapa hal yang harus kita kedepankan yaitu tidak ada pembelajaran Calistung (Baca Tulis Berhitung) saat PPDB, kemudian pengenalan lingkungan sekolah yang biasanya dikenal dengan MPLS. Jadi ini tentang bagaimana anak-anak ini nanti bisa berinteraksi dengan lingkungan", ujar Bunda PAUD Kabupaten Pati.

Gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, menurut Faisa adalah gerakan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD/MI/sederajat dengan cara yang menyenangkan dan dimulai sejak tahun ajaran baru

Untuk itu ia menekankan pentingnya pendidikan karakter bagi anak, yang nantinya akan membentuk karakter seorang anak yang beretika dan tata krama serta memiliki empati yang tinggi.

Dengan didampingi Ketua PC Muslimat, Bunda PAUD juga berkesempatan memantau jalannya gebyar drum band tingkat TK-RA serta menyerahkan trophy dan piagam penghargaan kepada paserta.

Kegiatan yang mengambil tema "Mengembangkan Ketrampilan dan Kreatifitas Anak Menuju Kemandirian" ini, menurut Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Pati, ditujukan agar anak-anak generasi penerus mampu mengembangkan bakat, hobi serta mampu bersosialisasi dengan lingkungan yang positif.

Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Pati Umi Hanik tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bunda PAUD Kabupaten Pati yang selalu memberikan support terhadap kemajuan Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Pati.

"Perlu kami sampaikan bahwa Muslimat NU ini memiliki empat perangkat. Diantaranya adalah Yayasan Muslimat NU yang melaksanakan pendidikan Muslimat NU untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, mencetak outputnya anak yang berhati Makkah berotak Jepang, anak yang soleh dan soleha", tuturnya.

Ia menambahkan, selain diikuti lembaga PAUD Muslimat NU, lembaga lain juga memberi kepercayaan kepada yayasan pendidikan Muslimat NU.

0 Komentar

    Tambah Komentar